Cara Membangun Bisnis Secara Online



Di era ini, tentu menjadi keharusan bagi kita untuk bertransisi dari cara komunikasi tradisional menjadi digital, terutama dalam hal bisnis. Meskipun cara tradisional menjalankan bisnis tidak apa-apa, namun kita mulai menyadari betapa luar biasanya bisnis online itu, dengan perkembangannya yang pesat dan jauhnya kemampuan untuk menjangkau pelanggan mereka di luar kota dan sampai di luar negeri. Ketika memikirkan cara menjalankan bisnis yang begitu canggih, orang mungkin berpikir membangun bisnis online akan merepotkan dan membutuhkan dana yang banyak untuk diinvestasikan ke bisnis online tersebut. Tidak perlu mencari lagi, karena bisnis online saat ini datang dengan cara yang mudah dan terjangkau, dan inilah alasannya;

Tergantung di mana situasi kalian berdiri dalam membangun bisnis kalian, apakah akan mempertimbangkan untuk memulai bisnis dari awal, atau kalian sudah memiliki bisnis offline yang anda ingin kembangkan secara online, langkahnya serupa. Perbedaannya hanya dari perspektif kalian tentang bisnis online masa depan kalian. Jika ini adalah bisnis baru yang akan kalian mulai secara online, kalian perlu mempertimbangkan dan memahami fondasi bisnis kalian agar dapat bergerak maju untuk menjalankannya secara online, fondasi ini seperti rencana bisnis (Business Plan) yang solid dan kanvas model bisnis yang terstruktur dengan baik adalah faktor penting yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis apa pun. Sedangkan untuk bisnis offline yang ingin berkembang secara online, Anda hanya perlu meninjau kembali fondasi-fondasi tersebut dan membentuknya kembali dalam dinamika bisnis online.
 

Setelah kalian menyempurnakan rencana bisnis kalian, sekarang kalian dapat melanjutkan ke pembuatan alamat email bisnis. Alamat email ini tidak hanya akan berguna untuk cara bagaimana mitra bisnis kalian atau calon karyawan dapat menghubungi kalian untuk berbagai hal, tetapi juga sebagai cara kalian menjangkau pelanggan secara langsung. Dengan memudahkan interaksi langsung satu sama lain, membuat bisnis kalian berkembang dengan beberapa cara komunikasi yang akan bermanfaat bagi bisnis kalian seperti;

  1. Menerima umpan balik langsung dari pelanggan dengan menanyakan kepuasan mereka terhadap produk dan atau layanan kalian serta menanyakan bagaimana bisnis kalian dapat meningkat dari transaksi terakhir pelanggan kalian.
  2. Menawarkan langganan buletin email sehingga pelanggan kalian akan mendapat informasi terbaru dan atau promosi baru dari bisnis kalian.
  3. Mengarahkan pelanggan ke situs web kalian dari setiap email yang dikirimkan ke pelanggan.

Oleh karena itu, alamat email bisnis ini akan meningkatkan kesadaran pelanggan kalian, yang kemudian akan menentukan dan menghasilkan arahan untuk bisnis kalian. Dan juga dengan setiap buletin yang dikirim ke pelanggan, berisikan informasi terbaru tentang situs web kalian, yang akan meningkatkan pengunjung situs web kalian.


 Contoh buletin email (email newesletter) pada situs web

   
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa alamat email bisnis akan semakin membawa pelanggan kalian ke website, jadi sudah jelas bahwa langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah membuat website untuk bisnis kalian. Tergantung pada seberapa akrab atau seberapa bersedia kalian untuk membuat situs web sendiri, dalam beberapa hal pepatah menyebutkan "waktu sama dengan uang" adalah hal yang perlu dipertimbangkan; di mana jika kalian memilih untuk membeli domain untuk situs web kalian sendiri, kalian tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendesain situs web kalian karena itu akan menjadi bagian dari bagian dari pembelian domain. Namun, keuntungan dalam memilih untuk membuat situs web secara gratis daripada membeli domain tidak akan dikenakan biaya apa pun, namun akan menimbulkan banyak masalah jika kalian menemukan kesulitan teknis di situs web tersebut saat pelanggan mengunjungi situs web jika kalian satu-satunya yang mengontrol situs web ini, di mana jika membeli domain situs web, akan ada dukungan teknis untuk membantu kalian dengan kesulitan tersebut. Dan belum lagi, email profesional yang memiliki nama domain web kalian di dalamnya hanya akan tersedia jika kalian membeli sebuah domain.

Last but not least, hal terpenting yang harus dilakukan dalam bisnis adalah bagaimana kalian akan mengelola untuk memasarkan produk dan atau layanan lainnya melalui situs web yang telah kalian bangun untuk ceruk pasar sesuai dengan rencana bisnis yang telah kalian bangun secara luas. Kalian dapat memulai dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO) di mana kalian menggunakan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan situs web yang akan membuat situs kalian muncul di bagian atas daftar mesin pencarian. Selain itu, memperluas pasar dengan media sosial seperti Instagram, facebook, line dan juga tiktok (tergantung pada target pasar kalian), akan sangat meningkatkan traffic situs kalian. Berbicara tentang meningkatkan traffic, ada juga opsi untuk mengiklankan situs web kalian melalui iklan google dan iklan facebook yang dapat kalian gunakan untuk keuntungan kalian untuk menyebarkan pasar bisnis kalian.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.