3 Hal dari Budaya Kerja di Industri Kreatif, Apa Kamu Cocok?


Industri kreatif adalah industri yang mengombinasikan kreativitas, keterampilan, dan kecakapan untuk menghasilkan kekayaan suatu karya dan lapangan kerja¹. Industri kreatif menjadi bidang pekerjaan yang sangat menjanjikan, terutama di era digital seperti sekarang ini. Industri kreatif juga memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia.

Namun, untuk bisa bekerja di industri kreatif, kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang ada di dalamnya. Budaya kerja adalah nilai-nilai, norma-norma, dan perilaku-perilaku yang dianut oleh suatu organisasi atau kelompok kerja². Budaya kerja bisa mempengaruhi kinerja, motivasi, dan kepuasan kerja kamu.

Lalu, apa saja hal-hal dari budaya kerja di industri kreatif yang perlu kamu ketahui? Berikut ini adalah 3 hal dari budaya kerja di industri kreatif, apa kamu cocok bekerja di dalamnya?



1. Dinamis dan Fleksibel

Salah satu hal yang paling menonjol dari budaya kerja di industri kreatif adalah dinamis dan fleksibel. Industri kreatif selalu berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan teknologi, pasar, dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, pekerja di industri kreatif harus bisa beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut dengan cepat dan efektif³.

Selain itu, industri kreatif juga cenderung fleksibel dalam hal waktu dan tempat kerja. Banyak pekerja di industri kreatif yang bekerja secara remote atau jarak jauh, menggunakan teknologi digital untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim atau klien. Waktu kerja juga bisa disesuaikan namun tetap dengan deadline atau target yang harus dicapai⁴.

2. Kolaboratif dan Komunikatif

Hal lain yang menjadi ciri dari budaya kerja di industri kreatif adalah kolaboratif dan komunikatif. Industri kreatif melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang dan bidang keahlian untuk menciptakan suatu karya yang bermakna dan berdampak. Oleh karena itu, pekerja di industri kreatif harus bisa bekerja sama dengan tim, menerima feedback, dan memberikan kontribusi³.

Selain itu, industri kreatif juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan ide, gagasan, dan hasil kerja kepada audiens yang beragam. Pekerja di industri kreatif harus bisa menggunakan bahasa yang jelas, menarik, dan meyakinkan untuk menjangkau pasar atau konsumen⁴.

3. Kreatif dan Inovatif

Tentu saja, hal yang paling penting dari budaya kerja di industri kreatif adalah kreatif dan inovatif. Industri kreatif mengandalkan daya kreasi dan daya cipta sebagai sumber keunggulan kompetitifnya. Oleh karena itu, pekerja di industri kreatif harus memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide orisinal, unik, dan bermanfaat yang sesuai dengan konteks dan tujuan¹.

Selain itu, industri kreatif juga menuntut pekerja untuk selalu inovatif dalam mencari solusi-solusi baru untuk setiap masalah atau tantangan yang dihadapi. Pekerja di industri kreatif harus mau belajar hal-hal baru, mengambil risiko, dan belajar dari kegagalan³.

Itulah 3 hal dari budaya kerja di industri kreatif, apa kamu cocok? Jika kamu merasa memiliki sikap-sikap tersebut, maka kamu bisa mencoba untuk bekerja di bidang ini. Ada banyak profesi di industri kreatif yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kamu⁴. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!


SUMBER-SUMBER:
(1) Penerapan Budaya Kerja Industri | Dinginaja. https://www.dinginaja.com/2021/08/penerapan-budaya-kerja-industri.html.
(2) 15 Profesi di Industri Kreatif Ini Menarik dan Menjanjikan, lho! - Glints. https://glints.com/id/lowongan/profesi-di-industri-kreatif/.
(3) Industri Kreatif: Definisi, Faktor, Contoh, Manfaat, dan Jenisnya. https://kumparan.com/kabar-harian/industri-kreatif-definisi-faktor-contoh-manfaat-dan-jenisnya-1xViPgWGObU.
(4) Tertarik Kerja di Industri Kreatif? Ini Skill yang Perlu Kamu ... - Glints. https://glints.com/id/lowongan/skill-kerja-di-industri-kreatif/.
Kenny Putra

Kenny Putra is a writer in training. He loves cycling, reading fiction books, and enjoy playing tabletop RPG. More info: hellothisisken@outlook.com

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.