How To Start Over: Podcast Seputar Karir dan Kepenuhan Hidup dari The Atlantic


Punya banyak pertanyaan dalam benakmu tentang kehidupan? Misalnya, bagaimana cara membangun hidup yang bahagia, bagaimana cara memulai karir di usia yang sudah tak bisa dibilang muda, dan pertanyaan-pertanyaan senada lainnya.

Podcast How To Start Over ingin menjawab semua pertanyan itu. Di produksi oleh The Altantic dan di-host oleh Olga Khazan dan Arthur Brooks, How To Start Over menganalisa hal-hal yang merubah kehidupan seseorang, cara terbaik menavigasi kehidupan, sekaligus membawa pendengar ke perjalanan menciptakan ulang kehidupan mereka.

Masa pandemi, memberikan banyak waktu bagi orang-orang untuk merenungkan kehidupan dan pekerjaan mereka. Terjadinya resign masal di Amerika setelah Pandemi melandai, menjadi tanda bahwa banyak orang mulai mengkaji ulang apa yang ingin mereka lakukan dalam hidup. Kadang seseorang tahu kenapa mereka harus berubah, pekerjaan apa yang lebih cocok, atau mulai belajar menikmati hidup, namun, bagaimana caranya?

Podcast ini punya posisi yang unik dan pas dengan situasi sosial saat ini. Seolah mengisi jurang pemisah antara keinginan untuk hidup lebih baik dan kebutuhan meninggalkan cara hidup yang lama


Tak hanya bicara sendiri dalam podcastnya, sang host mengundang berbagai ahli dalam bidangnya dan relevan dengan topik yang dibahas. Misalnya, dalam episode yang saya cantumkan di atas, Arthur berbincang bersama therapist ketika menganalisa jawaban dari pertanyaan, bagaimana cara menemukan hal yang kita sukai?

Sebuah insight baru dalam episode tersebut, pertanyaan tentang kebahagiaan tak pernah lepas dari pembahasan arti (meaning) dan tujuan (purpose). Perasaan pada dasarnya tidak memiliki kategori baik atau buruk, sifatnya netral dan hanya perlu diterima tanpa perlu memberikan pengartian yang memiliki sifat positif atau pun negatif. Kebanyakan kita memberikan arti sendiri pada perasaan. Misalnya, ketika kemalangan terjadi, seseorang dengan cepat mengartikan perasaan itu sebagai perasaan yang buruk, buat perasaan ini berhenti! Padahal, kita tak bisa merasakan kebahagiaan tanpa memahami artinya kesedihan dan kesengsaraan. Usaha untuk mematikan rasa sakit, akan mematikan perasaan bahagia juga.

Arti dan tujuan dalam hidup ini tak selalu megah. Sering kali arti dan tujuan itu ada dalam hal yang sederhana, berada dalam momen-momen kecil yang seringnya tak kita sadari, terutama momen ketika kita terkoneksi dengan orang lain. Arthur membagikan cerita dari seorang pendengar tentang masa sulit yang dialami oleh orang tersebut saat pandemi terjadi. Selain tak bisa bertemu dengan teman-teman, pendengar orang itu merasa kesepian, ditambah harus memproses duka yang ia alami atas kematian ibunya. Dalam momen tersebut, dia melihat bahwa momen kecil bertemu dengan orang yang dia sayangi sangatlah berarti.

Tetapi, saya tak akan menceritakan seluruh isi podcastnya dalam ulasan ini. Kalian perlu mendengarkan sendiri. Meskipun tidak semua episodenya memiliki jawaban singkat dan praktis, tapi pengetahuan baru tidak akan menyakiti siapa pun.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama




Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.