Cara Mengubah Situs apa pun Jadi Aplikasi Lite di Android

Aplikasi Moonhill Indonesia [moonhill.id]

Aplikasi memang bikin segalanya mudah, tapi menginstall terlalu banyak aplikasi di ponsel bisa bikin batrei ponsel cepat habis, RAM penuh dan ponsel pun jadi lemot. Belum lagi, paket data jadi cepat habis karena background refresh, yaitu saat aplikasi dalam perangkat kita terus melakukan pembaruan meski sedang tidak digunakan.

Bagaimana cara agar batrei ponsel tetap awet tapi tetap memiliki aplikasi yang kita butuhkan di ponsel? Gunakan versi aplikasi lite, atau buat sendiri dengan aplikasi Hermit.


Manfaat Menggunakan Aplikasi Lite di Android

Seperti yang sudah dibilang di pembukaan tulisan ini, aplikasi di ponsel kita terus melakukan background refresh meski sedang tidak aktif atau ga dipakai. Karena background refresh ini, paket data kita bisa habis, termasuk daya ponsel pun akan lebih cepat berkurang seiring berjalannya pemakaian.

Keuntungan menggunakan aplikasi Lite, kita bisa menghemat batrei ponsel dan pemakaian data jauh lebih efisien. Sebab, saat tidak digunakan, aplikasi Lite tidak melakukan refresh secara berkala. Kekurangannya juga ada. 


Kekurangan menggunakan aplikasi Lite, dibutuhkan waktu loading yang sama seperti membuka situs di web. Di tambah lagi, ada beberapa fitur yang mungkin tidak tersedia untuk aplikasi Lite.

Jadi, penggunaan aplikasi Lite bisa disarankan untuk teman-teman yang punya ponsel dengan daya batrei tidak terlalu besar dan ingin menghematnya. Recommended juga untuk ponsel yang tidak punya RAM terlalu besar, atau sekedar ingin hemat pemakaian kuota.

Cara Membuat Aplikasi Lite dengan Hermit

Pertama-tama, kamu perlu download dulu Hermit di Play Store. Setelahnya, buka aplikasi Hermit, ketik alamat website yang ingin kamu buat versi aplikasi Lite-nya. Kemudian, pilih “+ Create a Lite App” di bawah alamat website.

Contohnya seperti gambar di bawah ini;

Cara Mengubah Situs apa pun Jadi Aplikasi Lite di Android

Lalu untuk pengaturannya, kalian bisa akses lewat setting di tiap aplikasi Lite yang kita buat sendiri, atau masuk ke pengaturan di aplikasi Hermit dan menyesuaikannya sendiri.

Ada beberapa situs yang tidak mengizinkan AdBlock seperti Moonhill.id. Jadi untuk melepaskan AdBlock bawan, kamu perlu mengakses menu pengaturan, seperti gambar di bawah ini;

Cara Mengubah Situs apa pun Jadi Aplikasi Lite di Android

Perbedaan Chrome dan Hermit

Browser Chrome di Android juga punya fitur menampilkan shortcut situs di Home Screen, akan tetapi, saat membuka shortcut tersebut, kita dialihkan ke Tab di dalam Browser dalam Chrome. 

Bedanya dengan Hermit, setiap aplikasi Lite yang kita buat menjadi aplikasi tersendiri tidak termuat dalam Browser Hemit. Jadi lebih fokus dan tidak “nyampah” di Tab Browser sewaktu dibuka berkali-kali. Pada intinya, menggunakan aplikasi Lite untuk mengurangi beban Background Refresh dan menghemat daya ponse.

Semoga kamu ngerti maksudnya. Tapi kalau ga paham, bisa coba sendiri bikin aplikasi Lite dari Moonhill di ponsel Android kamu.


Tesalonika W.

I’m a multidisciplinary artist; I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.