Standard Ulasan "Moonhill-oMatter"

© Freepik.com

Buletin berisi informasi rangkuman kegiatan, pembaruan situs, dan rangkuman artikel populer di Moonhill Indonesia.

Hai warga Moonhill.id!

Kalau kamu ngikutin situs ini dari awal, kamu bakal tahu kalau di Moonhill.id selama ini ga punya sistem rating untuk ulasan film, bacaan, musik, dan lain sebagainya.

Karena sekarang Moonhill.id mulai berkembang, dan jadi one-stop platform rekomendasi hiburan buat para warganya, kami mau memperkenalkan sistem rating yang sesuai dengan visi dan misi Moonhill.id.

Kayak yang kita udah pada tahu (harusnya sih kamu dah ngerti), sekarang, perhatian kita tuh berharga banget kan! Sementara manusia hidup dengan waktu yang terbatas, tapi kita lagi hidup di zaman media berusaha nyedot perhatian lewat click-bait dan lain sebagainya. Sampai-sampai sering dibilang kalau,

Perhatian sama dengan penghargaan.

Moonhill.id pertama dibuat sebagai jembatan antara media hiburan (film, bacaan, musik, dan lain sebagainya) dengan penikmatnya. Makanya... perlu ada penilaian yang kualitatif dari segi nilai dan dampak positif yang bisa diberikan lewat film, bacaan, musik, dan lain sebagainya itu.

Arti Nama "Moonhill-oMatter"

Buat penilaian film, bacaan, musik dan rekomendasi hiburan lain, kami kasih nama penilaian itu "Moonhill-omatter" dari plesetan Bahasa Inggris "-ometer".



"-ometer" adalah sebuah akhiran (sufiks) dalam bahasa Inggris yang menunjukkan alat atau instrumen yang digunakan untuk mengukur atau memantau sesuatu. 

Kata "meter" di situ, kami ganti jadi kata Bahasa Inggris yang mirip-mirip, yaitu "matter" yang artinya, menjadi penting; memiliki signifikansi.

Standard Penilaian dalam "Moonhill-oMatter"

Karena diganti dari "-ometer" jadi "-omatter" berarti rating film, bacaan, musik, dan hiburan lainnya berbeda dari sudut pandang rating di tempat lain. 

Sesuai sama Moonhill Manifesto, yang kami lihat saat memberi nilai adalah;

  1. Apa sih Tema/Premis yang berusaha dicapai oleh si pembuat?
  2. Eksekusi dalam penyampaian Tema/Premis tersebut, efektif atau ga?
  3. Apakah film, bacaan, musik, atau hiburan itu bisa menambah nilai / berdampak positif dalam hidup orang lain ga?

Jadi kami ga cuma lihat eksekusi, tapi juga coba baca intensi dibalik suatu ciptaan. Apakah emang menarik dan punya potensi? Atau si pencipta emang pretentious dan mau asik sendiri aja?

Di tempat lain mungkin berpendapat "filmnya jelek" tapi kalau dari sudut "Moonhill-oMatter" ya belum tentu. Bisa aja film yang rata-rata dinilai bagus, bakal kita anggap gak bermutu.

Secara garis besar, pertanyaan yang coba dijawab oleh 'Moonhill-oMatter' ini adalah;

Apakah hiburan ini sepadan buat waktu kamu yang berharga? Is it worth your precious time? 

Maka, output penilaiannya kurang lebih kayak gini, guys;


Tapi, ada tapinya...

Moonhill-oMatter ini gak berarti absolut ya, ini penilaian subyektif dari kami aja. Kalau warga punya pendapat lain itu ga papa banget! Kolom komentar dan reaksi di setiap postingan Moonhill.id bisa kamu manfaatkan untuk kasih pendapat subyektifmu juga.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama




Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.