Apa itu Post-Truth, Ini Penjelasannya



"Post-truth” sebuah istilah yang menggambarkan situasi di mana fakta objektif menjadi kurang penting dalam membentuk opini atau pandangan masyarakat, terutama dalam politik, ketimbang emosi, keyakinan, atau opini subjektif yang tidak didasarkan pada kenyataan. 

Dalam situasi "post-truth", opini publik sering kali dibentuk oleh narasi dan pesan yang disajikan dengan cara yang persuasif dan emosional, bahkan jika pesan tersebut tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Istilah ini muncul pada awal abad ke-21, namun menjadi lebih populer pada tahun-tahun terakhir terutama dalam konteks politik global, terutama dalam konteks pemilihan umum di beberapa negara. 

Istilah ini mencerminkan kekhawatiran bahwa fakta dan kebenaran tidak lagi menjadi pusat perdebatan politik dan bahwa banyak orang merasa lebih memilih untuk mempercayai pesan atau narasi yang memperkuat keyakinan atau prasangka mereka daripada fakta yang terbukti dan terverifikasi.


Referensi Luar:

Katia

It’s a pen name and an anagram. The author enjoys watching films, reading books, comics, and go for walks. In her daily life, she work as a storyteller. Been publishing novels since 2014. telegram twitter youtube share

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.