Les Misérables: Sastra, Empati dan Transformasi



"Les Misérables" adalah sebuah novel karya Victor Hugo yang diterbitkan pada tahun 1862 dan dianggap sebagai salah satu karya sastra klasik terbaik dalam sejarah. Novel ini menggambarkan kehidupan seorang narapidana bernama Jean Valjean, yang mencoba memulai kehidupan baru setelah dibebaskan dari penjara.

Novel ini tidak hanya merupakan karya sastra yang indah dan kompleks, tetapi juga memiliki kemampuan untuk membangkitkan empati pada pembacanya. Hugo berhasil menggambarkan perjuangan Jean Valjean dan peristiwa-peristiwa dalam novel yang menyentuh hati dan membangkitkan rasa simpati pada pembaca.

Dalam hal transformasi, "Les Misérables" dapat dianggap sebagai agen transformasi yang kuat dalam masyarakat. Novel ini menggambarkan kondisi sosial dan politik di Prancis pada abad ke-19, termasuk kesenjangan sosial, kemiskinan, dan ketidakadilan. 

Karya ini juga menunjukkan bagaimana kebaikan hati dan belas kasihan dapat memengaruhi dan merubah kehidupan seseorang.

Banyak pembaca yang merasa terinspirasi oleh kisah Jean Valjean dan mengambil pelajaran dari perjuangannya. Novel ini juga terus diadaptasi ke dalam berbagai bentuk seperti film, drama musikal, dan opera, yang menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia.

Poster film musikal “Les Misérables” (2012) dibintangi oleh Hugh Jackman, Anne Hathaway, Amanda Seyfried dan Rusell Crowe


Dalam keseluruhan, "Les Misérables" adalah karya sastra yang sangat kuat dalam menggambarkan perjuangan manusia dan kemampuan untuk memperbaiki hidup melalui kebaikan hati dan belas kasihan. Novel ini juga membawa pesan penting tentang kesenjangan sosial dan keadilan yang masih relevan hingga saat ini, dan dapat dianggap sebagai agen transformasi yang kuat dalam membentuk pandangan dan tindakan manusia.

Apa kamu tertarik menyimak kisah ini?
Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.