Mau bikin konten, jangan lupa sertakan satu dokumentasi penting ini


Moonhill Indonesia (moonhill.id) - Baru saja kemarin, segmen DISCLAIMER atau PERINGATAN KONTEN di situr Moonhill diperjelas di halaman khusus berikut. Jika kamu ingin membuat website atau blog, pastikan kamu memiliki halaman Disclaimer atau Peringatan Konten yang akan sangat berguna bagi kamu sebagai penulis dan pemilik website atau blog.

{tocify} $title={Table of Contents} 


Fungsi Disclaimer atau Peringatan Konten

Disclaimer adalah dokumen penting yang harus muncul di setiap situs web. Dilansir situs Britannica dan Detik, disclaimer artinya pernyataan yang dimaksudkan untuk mencegah pemahaman yang salah tentang sesuatu, seperti pada buku, film, maupun iklan.

Meskipun seringkali tidak diperhatikan oleh pengunjung, disclaimer memiliki beberapa fungsi yang sangat relevan.

Seperti yang diketahui, kurangnya pemikiran kritis dan rendahnya literasi masyarakat kita bisa menyebabkan masalah-masalah yang tidak semestinya menjadi runyam

Disclaimer atau peringatan konten bisa jadi salah satu cara untuk pemilik web dan penulis blog melindungi diri mereka dari tanggungjawab yang sewajarnya bukan menjadi beban mereka.

Membatasi Tanggungjawab

Dilansir dari blog Kuncihost.com, disclaimer membantu melindungi pemilik situs web dari potensi tindakan hukum yang mungkin dilakukan oleh pengguna yang mengakses situs tersebut. Dengan menyertakan disclaimer, pemilik situs dapat membatasi tanggung jawab atas penggunaan konten di situs web mereka.

Contohnya, seorang pengunjung bisa saja mempercayai informasi yang disediakan dalam artikel secara mentah tanpa melakukan riset mereka sendiri. Misalnya, informasi tentang tips kesehatan kulit yang mungkin akan berbeda penerapannya dari satu orang dengan orang lainnya. 

Dalam hal tersebut, apabila ada kerugian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dalam artikel tersebut, pemilik situs dan penulisnya tidak dapat bertanggungjawab.

Membangun Batasan atau Boundaries

Dirangkum dari Makinrajin.com, disclaimer penting untuk disertakan untuk memberi informasi pada pembaca mengenai kualifikasi dari penulis konten serta latar belakang blog kepada pengunjung. Dengan demikian, disclaimer dapat membangun batasan ruang lingkup dan konteks dari konten yang disediakan.

Contohnya, konten situs seputar investasi dan tips finansial. Penting sekali untuk memberikan peringatan di awal artikel mengenai tujuan dari informasi yang disediakan. 

Misalnya, dengan mengajak para pembaca melakukan riset independen mengenai suatu produk investasi mau pun konsultasi pada ahli keuangan secara tatap muka. Sehingga kesalahan fatal dan kerugian materil dapat dihindari.

Profesionalitas Penulis dan Pengelola Situs

Selain penggunaan konten, disclaimer juga berfungsi membangun citra profesional penulis mau pun pemilik situs. Menyediakan dokumentasi yang jelas merupakan satu langkah kecil yang memiliki dampak signifikan di kemudian hari.

Dengan memperhatikan hal-hal kecil namun penting seperti disclaimer atau peringatan konten, situs web dan blog yang dikelola menjadi lebih profesional.


3 Contoh Disclaimer Konten Umum

Berikut ini ada beberapa contoh disclaimer atau peringatan konten yang biasanya disertakan oleh para kreator konten;

Penggunaan Materi Hak Cipta

Selain memberikan sumber-sumber yang jelas dalam setiap materi hak cipta yang kita gunakan dalam sebuah konten, disclaimer mengenai hak cipta ini pun penting untuk kita sertakan dalam dokumentasi situs web dan blog.

Disclaimer untuk penggunaan materi hak cipta juga disebut dengan Fair Use Disclaimer. Dalam disclaimer penggunaan materi hak cipta, kita perlu menyebutkan bahwa kita tidak meng-klaim materi tersebut sebagai milik kita. 

Menyertakan Fair Use Disclaimer dapat melindungi kita dari tuduhan pelanggaran hak cipta. Namun, perlu juga dimengerti bahwa ada batas-batas khusus yang perlu dipenuhi saat menggunakan disclaimer tersebut.

Menyertakan Tautan Afiliasi

Ketika kita mengulas atau mempromosikan suatu produk dan layanan tertentu, penting untuk menyertakan disclaimer afiliasi. Penting sekali menjaga kepercayaan pembaca dengan mengungkapkan netralitas kita sebagai penerima keuntungan apabila pembaca memutuskan untuk membeli produk dan menggunakan jasa yang diulas dan dipromosikan.

Disclaimer mengenai hubungan kita dengan pemilik produk atau layanan dapat membantu kita terhindar dari tuduhan penggiringan opini atau taktik propaganda marketing karena menyembunyikan status kita sebagai penerima keuntungan.

Opini dan Pendapat Pribadi

Walau pun remeh, tapi penting sekali bagi kita menyediakan disclaimer konten opini dan pendapat pribadi agar tidak disalah artikan oleh pembaca.

Sebagaimana diketahui oleh kita semua, masyarakat Indonesia sejauh ini masih kesulitan menerima pendapat yang berbeda. Sikap tersebut merupakan efek samping dari rendahnya pemikiran kritis dan angka literasi, serta kurangnya kecerdasan emosional.

Maka, ada baiknya kita mengingatkan pada pembaca situs dan blog untuk memahami bahwa pendapat yang kita sampaikan merupakan pandangan subyektif yang tidak selalu mencerminkan pandangan semua orang. Dapat kita sertakan pula bahwa penilaian kita dapat berubah dan berkembang di kemudian hari.


Katia

It’s a pen name and an anagram. The author enjoys watching films, reading books, comics, and go for walks. In her daily life, she work as a storyteller. Been publishing novels since 2014. telegram twitter youtube share

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.