2 Film Berbasis Game di Tahun 2021 Terkesan Meragukan


Film yang diadaptasi dari game umumnya selalu mendapatkan kesan negatif dari fans, hal ini disebabkan oleh setiap film yang dibuat oleh para sutradara, sebagian besar mengubah karakter atau mengganti alur cerita yang berujung film tersebut gagal untuk memberikan kesan yang menarik untuk mereka yang sudah terjun ke dalam cerita aslinya dari pondasi yang mereka ambil sebagai adaptasi film tersebut. Untuk kali ini, kita melihat 2 film besar yang dekat ini akan rilis di layar lebar. Dengan banyaknya kesan buruk terhadap film berbasis game dari film-film yang telah dibuat sebelumnya seperti Warcraft (2016) atau Need for Speed (2014), bahkan CNET membuat list 41 film game terburuk pada Februari 2020 lalu. Apakah kali ini film-film sekarang akan bisa membuat para penonton baru dan fans lama tercengang, atau justru membuat seluruh penonton kecewa?


Mortal Kombat

Fighting game yang berawal dari arcade oleh Midway Games Inc. dan yang kemudian NetherRealms Studio dibawah Warner Bros, mendapatkan kesempatan untuk muncul di layar lebar  untuk ketiga kalinya setelah Mortal Kombat (1995) dan Mortal Kombat: Annihilation (1997). Mortal Kombat yang akan rilis di tahun ini bukan merupakan sekuel dari film legendaris sebelumnya, melainkan akan menceritakan kisah baru namun serupa dengan game nya dengan berawal dari cerita asal masing-masing karakter protagonis dan antagonis Mortal Kombat, serta satu karakter baru yaitu Cole Young yang diperankan oleh Lewis Tan.

Cole Young/Lewis Tan

Untuk para fans Mortal Kombat, ini bukan sesuatu yang baru untuk Mortal Kombat merilis cerita ulang atau reboot dari cerita awal game pertamanya dan memperkenalkan karakter baru dalam series nya. Karena setelah kejadian dari Mortal Kombat 1 sampai 3, karakter protagonis Liu Kang mampu memenangkan turnamen Mortal Kombat, namun di Mortal Kombat Deadly Alliace dikalahkan lalu dihidupkan Kembali menjadi zombie Liu Kang di Mortal Kombat Deception. Lalu di Mortal Kombat 9 (Mortal Kombat 2011) sampai Mortal Kombat 11 (disingkat MK11), kita bisa lihat juga Liu Kang dan Kung Lao dalam timeline MK11, bertemu dengan zombie diri mereka sendiri pada timeline saat mereka dikalahkan, dimana mereka harus melawan satu sama lain.

Kung Lao & Liu Kang/Revenant Liu Kang & Revenant Kung Lao

Selain itu, kita diperkenalkan karakter baru seperti Cassie Cage, Jacqui Briggs, Takeda Takahashi dan Kung Jin di Mortal Kombat 10 (disingkat MKX), dan Cetrion, Geras dan Kollector di MK11. Trailer Mortal Kombat 2021 ini, menunjukkan kisah para protagonis pertama kali mengikuti turnamen Mortal Kombat dengan memperkenalkan Cole Young sebagai protagonis baru, hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah 24 tahun setelah Mortal Kombat merilis film nya, Cole Young bisa menjadi gambaran karakter yang memberikan gambaran menarik untuk Mortal Kombat 2021, atau hanya karakter yang akan lewat begitu saja. Kita bisa melihat karakter Cassie Cage yang merupakan anak dari Johnny Cage & Sonya Blade dan Jacqui Briggs anak dari Jax Briggs, mereka merupakan karakter baru di MKX, namun dengan popularitas kedua karakter tersebut, Cassie Cage dan Jacqui Briggs mendapatkan spotlight untuk hadir Kembali di MK11. Lain halnya dengan Takeda Takahashi dan Kung Jin, mereka tidak muncul kembali di MK11, mungkin sekuel Mortal Kombat kedepannya, tapi kita hanya bisa berharap dan bertanya kepada penggemar Mortal Kombat lain untuk mereka bisa kembali atau tidak.


Maka dari itu, apakah Cole Young di film Mortal Kombat kali ini akan menjadi perkenalan baru yang berpotensi dan karakter tetap di dunia Mortal Kombat? Atau apakah akan menjadi karakter yang hanya aka ada di film saja? Mari kita saksikan nanti pada tanggal 16 April 2021.

Resident Evil

Genre survival horror yang satu ini akan mengeluarkan film ke-7 nya yang didasari dari game yang dirilis pertama kali di tahun 1996. Setelah pengumuman game Resident Evil ke-8 dirilis, yakni Resident Evil: Village yang akan dirilis pada 7 Mei 2021, film Resident Evil 2021 ini akan membawa kalian balik ke cerita awal Resident Evil yang mengkisahkan awal insiden di Spencer Mansion dan Raccoon City pada tahun 1998 dengan karakter protagonis iconic di dalam game yaitu Chris Redfield yang diperankan oleh Robbie Amell dan Jill Valentine yang diperankan oleh Hannah John-Kamen. Tidak seperti 6 sekuel film Resident Evil sebelumnya, film ini tidak menceritakan Alice yang diperankan oleh Milla Jovovich, karena film yang satu ini akan menjadi cerita ulang atau reboot dari keenam film tersebut.

Walaupun reboot ini akan sepenuhnya berdasar dari game yang berpotensi tidak akan menceritakan alur yang berbeda dari cerita asalnya, tampaknya pemilihan karakter atau yang dikenal dengan casting choices nya, kurang tepat sasaran. Ini dikarenakan untuk karakter iconic Leon S. Kennedy dan Jill Valentine akan diperankan oleh Avan Jogia dan Hannah John-Kamen. Secara fisik, Leon S. Kennedy digambarkan dengan pria berambut lurus pendek berwarna coklat/perak, bermata coklat/biru, berkulit putih dan berjenggot tipis/klimis, sementara Avan Jogia pada cuplikan trailer nya memiliki rambut hitam berombak panjang berwarna hitam, bermata hitam, berkulit coklat dan berjenggot semi-tebal berkumis. Kemudian Jill Valentine memiliki rambut semi panjang dikuncir/pendek bob berwarna coklat, bermata hijau toska dan berkulit putih, sementara Hannah John-Kamen memiliki rambut hitam, bermata abu-abu dan berkulit coklat.

Avan Jogia/Leon S. Kennedy

Hannah John-Kamen/Jill Valentine


Penampilan fisik para aktor dan aktris tidak begitu penting untuk beberapa penonton, namun untuk fans yang sudah bertahun-tahun terjun kedalam universe game yang dimainkan, sangatlah penting. Hal ini dikarenakan penampilan karakter sangat berpengaruh terhadap dunia dan cerita yang mereka gambarkan dan juga yang mereka representasikan. Banyak sekali kekecewaan yang dirasakan ketika sebuah karakter di gambarkan berbeda dari cerita game yang ada, seperti karakter dalam Tekken; Jin Kazama yang dari segi cerita berasal dari Jepang, namun dalam film digambarkan dengan aktor Singapur-Inggris. 


    Jin Kazama

        Dan bukan karakter manusia saja, kita bisa juga mengambil contoh dari keputusan fisik yang diambil para sutradara untuk menggambarkan Sonic the Hedgehog, untungnya dengan era digital dan perhatian oleh para pembuat film, akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah fisik Sonic menjadi lebih kartunistik seperti di game dan kartun seriesnya.



Tidak hanya di film, adapun juga perubahan yang dilakukan para developer game untuk mengubah penampilan karakter utama Devil May Cry bernama Dante. Pada game DMC Devil May Cry yang merupakan reboot series Devil May Cry, Dante menjadi lebih muda dengan design karakter drastis nya dan ditambah lagi wataknya berbeda dari Dante sebelumnya. Namun, dengan gameplay yang mulus nan sulitnya serta alur cerita yang lumayan menarik, membuat DMC Devil May Cry menjadikan game yang seru. 


Dante DMC Devil May Cry/Dante Devil May Cry


Oleh karena itu, walaupun fisik karakter mengalami perubahan, jika alur cerita dan acting para aktor dan aktris dapat memberikan sesuatu yang lebih yang mampu memberikan dinamika lebih luas lagi dibandingkan game nya, film Resident Evil 2021 ini akan memberikan kesan yang bagus terhadap serial game Resident Evil, sama seperti kesan luar biasa yang telah diberikan oleh Henry Cavil dan Anya Chalotra dalam serial Netflix The Witcher.


Referensi Luar

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.