Nuzlocke Challenge: Cara Seru nan Menantang untuk Main


Pokémon 25th Anniversary

    Dalam rangka memperingati anniversary Pokémon yang ke-25, kami mengajak kalian semua untuk bermain game Pokémon favorit kalian, dari Pokémon Emerald sampai Pokémon Sword and Shield. Tapi tunggu dulu, entah kalian sedang main, sudah lama atau bahkan belum pernah sama sekali main Pokémon, ada acara yang lain untuk mengeksplorasi dunia Pokémon selain yang Professor Oak ajak kita untuk lakukan. Biasanya, kita setelah kita memilih Pokémon pertama kita, kita akan bertemu dan menangkap Pokémon liar di seluruh peta dan menjadikan mereka partner kita demi menjadi Pokemon Trainer yang paling kuat. Nah, di dalam komunitas Pokémon, Adapun cara yang seru nan menantang untuk main Pokémon yang disebut sebagai Nuzlocke Challenge.

Seluruh game utama Pokémon yang sebagaimana ber-genre RPG (Role-Playing Video Game), memiliki mekanisme yang sama sepanjang perkembangannya, dengan beberapa fitur baru yang menambah keseruan permainannya seperti Mega Evolution dan Gigantamax (Pokkén Tournament, Let’s Go Pikachu/Eevee, Pokémon Snap dan game serupa diluar game utamanya tidak termasuk RPG), Dengan itu seperti yang disebutkan sebelumnya, semua versi bisa mengaplikasikan Nuzlocke Challenge ini. Dari istilah challenge, pastinya ada aturan yang kita akan ikuti atau terapkan, apa sajakah peraturannya itu?

{tocify} $title={Table of Contents}

Peraturan Nuzlocke Challenge

Tantangan Nuzlocke hanya memiliki dua aturan yang harus diikuti:
  • Setiap Pokémon yang kalah/pingsan (biasa disebut faint/fainted) dianggap mati, Pokémon yang fainted harus dilepaskan atau dipindahkan dari kelompok Pokémon yang kita pegang ke dalam Sistem Penyimpanan Pokémon secara permanen (atau dapat dipindahkan ke permainan lain, selama Pokémon tersebut tidak dapat digunakan lagi selama proses ini).

 Sistem Penyimpanan/Pokémon PC

  • Pemain hanya dapat menangkap Pokémon liar pertama yang ditemukan di setiap area yang dikunjungi, dan tidak boleh menangkap yang lain. Jika Pokémon liar pertama pingsan atau kabur, tidak ada kesempatan kedua. Jika pertemuan pertama di area tersebut adalah pertarungan ganda (Pertama kali diprekenalkan di Pokémon Ruby & Sapphire), pemain bebas memilih salah satu dari dua Pokémon liar yang ingin mereka tangkap, tetapi hanya dapat menangkap salah satu dari mereka. Batasan ini tidak berlaku untuk Pokémon yang dapat ditangkap selama pertemuan statis (non-legendaris yang tidak akan muncul lagi setelah bertemu), atau untuk shiny Pokémon.

Double Battle: Gigantamax Raichu & Ferrothorn VS Ludicolo & Gigantamax Machamp

Aturan umum lain diluar aturan utama

Dengan meningkatnya ketenaran challenge ini di kalangan komunitas, ada pula peraturan tambahan yang menjadi peraturan utama para penantang Nuzlocke Challenge ini, yaitu antara lain;
  • Pemain harus memberi nama panggilan (nickname) pada semua Pokémon mereka.
  • Pemain hanya dapat menggunakan Pokémon yang mereka tangkap sendiri, yang berarti Pokémon yang diperoleh melalui Pokémon trade, hadiah (gift), dan lain sebagainya tidak diperbolehkan.
  • Pemain tidak boleh memuat ulang game (reset) secara sukarela setiap kali ada yang salah. Dengan mengulang/memuat ulang game akan membuat semua aturan tersebut menjadi tidak berguna.

Ada juga peraturan tambahan lain yang lebih banyak lagi, namun sebagian besar hanya mengikuti peraturan utama saja.

Tentu ada alasan kenapa kebanyakan orang tertarik dan juga penasaran untuk melakukan tantangan ini, dengan peraturan yang mengharuskan mereka untuk memberikan nickname ke semua Pokémon mereka, ini bertujuan untuk membentuk ikatan bond yang kuat antara Pokémon Trainer dan Pokémon mereka seperti yang ada di film dan seriesnya, dengan itu, kekalahan pokemon mereka di pertarungan menjadi sesuatu yang menakutkan sekaligus mengharukan sebagaimana kemampuan kita sebagai Pokémon Trainer benar-benar diuji.

Youtuber Jaiden Animation Menceritakan Pengalaman Nuzlocke Challenge nya
Jadi Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menerima tantangan Nuzlocke Challenge? Atau kalian akan tetap main Pokémon seperti biasa karena tantangan ini terlalu sulit buat kalian? Ayok kita sama-sama berjuang untuk menjadi Trainer yang terbaik, seperti lirik theme song nya;

“I wanna be the very best
Like no one ever was
To catch them is my real test
To train them is my cause
I will travel across the land
Searching far and wide
Each Pokemon to understand
The power that's inside

Pokemon (gotta catch them all)

It's you and me
I know its my destiny
Pokemon
Oh, you're my best friend
In a world we must defend”


Referensi Luar:

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.