BLACKPINK 4+1 PROJECT Membuat BLINK Kecewa

BLACKPINK 4+1 PROJECT Membuat BLINK KecewaBLACKPINK 4+1 PROJECT Membuat BLINK Kecewa

Bulan Agustus 2021 ini, BLACKPINK merayakan hari jadi mereka yang ke-5. Bersamaan dengan perayaan itu, YG Entertainment selaku management dari BLACKPINK, mengumumkan 4+1 PROJECT, dimana akan ada 5 event yang diumumkan khusus untuk para BLINK (penggemar).

Sayangnya, setelah semua 4+1 PROJECT resmi diumumkan melalui situs resmi mereka, BLINK mengaku kecewa. Rasa kecewa itu mereka ungkapkan melalui media sosial; instagram dan twitter. Tapi sebelum kita menyimak reaksi para penggemar, mari kita tinjau dulu apa-apa saja sih isi project tersebut?


BLACKPINK: THE MOVIE

BLACKPINK THE MOVIE Poster

Setelah sebelumnya BLACKPINK memiliki film dokumenter original NETFLIX berjudul LIGHT UP THE SKY, mereka meluncurkan lagi project film THE MOVIE yang masih belum bisa ditonton di Indonesia saat artikel ini ditulis.

BLINK terlihat amat bersemangat ketika THE MOVIE diumumkan sebagai project pertama. Namun di saat bersamaan, mengingat kekecewaan sebelumnya pada YG, BLINK was-was jika empat project sisanya tidak akan semenarik project pertama. Hal tersebut juga diungkapkan oleh para penggemar melalui media sosial, terutama kolom komentar. Mereka takut berharap dan berekspektasi terlalu tinggi dan akhirnya tidak kesampaian seperti yang lalu-lalu.

Walau begitu, perilisan THE MOVIE tampak disambut dengan baik oleh para penggemar. Bahkan fanbase Rosé besar seperti Récord dan First Love tampaknya bekerja sama dengan CGV Korea membuat event khusus merayakan perilisan film ini sekaligus hari jadi BLACKPINK ke-5.


BLACKPINK THE ALBUM PHOTOBOOK
[LIMITED EDITION]

BLACKPINK [4+1] THE ALBUM PHOTOBOOK [LIMITED EDITION]

BLACKPINK [4+1] THE ALBUM PHOTOBOOK [LIMITED EDITION]

Project kedua diumumkan sebagai THE SHOW PHOTOBOOK limited edition. Dalam kurun waktu singkat, para penggemar ramai-ramai melakukan pre-order. Sekarang, jika kita membuka situs Ktown4U, photobook ini sudah terjual habis.


Kemungkinan besar, para penggemar amat antusias karena dijanjikan bonus pre-order limited edition bagi beberapa pemesan pertama saja dari YG Select.


Para penggemar tetap memesan walau mereka mulai merasa agak cemas karena project ke-2 ini, (lagi-lagi) mengeluarkan uang. Mengingat menonton film di bioskop dengan fitur ScreenX atau 4DX juga membuat mereka mengeluarkan uang, dan sekarang perlu beli Photobook juga.


BLACKPINK on Weverse


Project ke-4 diumumkan dan rupanya keinginan fans untuk mendapat single baru atau pengumuman sub-unit belum juga terwujud. Padahal kita sudah sampai di angka ke-4, yang berarti hanya tersisa satu lagi harapan untuk mendengar single terbaru dari idola kesayangan mereka.

Tapi setidaknya, kemunculan BLACKPINK secara resmi di platform media sosial khusus fans K-Pop yang dapat diakses di seluruh dunia ini, bukan konten berbayar seperti film atau Photobook. Meski pun mulai 16 Agustus 2021 semua penjualan merchandise BLACKPINK dipindahkan ke Weverse, para penggemar tidak diharuskan membeli apa pun untuk dapat berinteraksi dengan idola mereka.


BLACKPINK SUMMER DIARY 2021 in EVERLAND

SUMMER DIARY 2021 in Everland resmi diumumkan sebagai project selanjutnya. Bukan reality show seperti BLACKPINK HOUSE atau 24/365 yang diduga oleh fans saat mendengar kabar keempat member BLACKPINK sempat shooting di Everland, sebuah taman hiburan di Korea. Ternyata, lagi-lagi sebuah konten berbayar. Lihat lebih lengkap soal teaser trailernya di sini.



BLACKPINK 4+1 PROJECT POP UP STORE di Seoul

Keinginnan fans mendapat single atau sub-unit mendadak kandas seketika project terakhir diumumkan. Pop Up Store untuk merayakan hari jadi BLACKPINK ke-5 dibuka di Seoul dengan sistem reservasi online. Tak semua fans BLACKPINK tinggal di Korea, dan traveling juga tidak mudah di masa pandemi seperti ini.

Pop Up Store BLACKPINK juga termasuk project berbayar, tapi kali ini kekecewaan penggemar lebih menitik beratkan pada lokasi dan keterbatasan traveling. Tentunya Pop Up Store ini tidak mungkin ada selamanya. Toko khusus BLACKPINK yang bertempat di Cafe di depan gedung baru YG Entertainment ini akan dibuka selama 10 hari saja, mulai 21 sampai 30 Agustus 2021.


Untuk meredam kekecewaan penggemar yang berasal dari luar Korea Selatan, dalam situs resminya, YG menyebutkan kalau Pop Up store ini dapat dinikmati secara online. Namun belum ada kejelasan apakah yang mereka maksud "dinimati secara online" akan memanfaatkan teknologi VR atau tidak.


Reaksi BLINK di Media Sosial

Menanggapi seluruh pengumuman project hari jadi ke-5 BLACKPINK, para penggemar memberikan reaksi mereka melalui berbagai memes dan sindirian lewat postingan media sosial.

Sebuah akun @aussie_blinks mengunggah komentar berikut, "WhyGee (YG) seharusnya jadi komendian." Komentar itu dilatar belakangi oleh janji management bahwa project ulang tahun BLACKPINK adalah project khusus yang dapat dinikmati oleh semua penggemar di mana saja. Tapi nyatanya, tidak semua BLINK punya penghasilan lebih untuk membeli merchandise ekslusif ulang tahun ke-5 ini, dan tidak semua BLINK tinggal di Korea atau di wilayah yang memungkinkan mereka menonton THE MOVIE di bioskop juga.

Sayang sekali project dari YG Entertainment masih belum bisa membuat BLINK puas. Tapi ada komentar dari penggemar YG yang masih bisa mengerti dan berpikir lebih luas.

Masih bisa dipahami juga ya.. karena pandemi yang sedang berlangsung, sangat tidak memungkinkan bagi BLACKPINK untuk mengadakan konser dan tur. Alhasil, management mereka harus mencari cara agar tetap mendapatkan penghasilan untuk menggaji para staff dan member.
Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.