Perjalanan Panjang BLACKPINK "Ready For Love"


Ada alasan mengapa perilisan lagu Ready for Love oleh BLACKPINK menjadi momen paling mengarukan untuk BLINK. Berikut ini perjalanan panjang track Ready for Love, mulai dari tidak jadi masuk full-album, hanya menjadi bocoran di media sosial, dan menjadi special track yang bisa kita dengar saat ini.


"Ready for Love" pertama kali terdengar dalam film dokumenter BLACKPINK Light Up The Sky di Netflix pada akhir 2020. Tidak lama setelahnya, pada Juli - Agustus 2021, banyak bocoran lagu Ready for Love yang lebih lengkap dan disatukan oleh para penggemar. Editan tersebut diunggah ke YouTube dibuat seolah menjadi sebuah lagu utuh.

Masih belum jelas darimana dan siapa yang membocorkan lagu ini, namun pada akhirnya, kita mengetahui kalau sebagian besar bocoran lagu tersebut ada dalam versi resmi special track kolaborasi BLACKPINK dan PUBG Mobile.


Saat "Ready for Love" Tak Masuk dalam "The Album"

Dalam cuplikan dokumenter Light Up The Sky di Netflix, Lisa berada di studio rekaman menyanyikan sepenggal lagu Ready for Love, membuat penggemar berspekulasi track tersebut akan masuk dalam full-album pertama BLACKPINK, The Album. Kala itu, Light Up The Sky dirilis lebih dahulu sebelum The Album. 


Sayangnya, ketika The Album akhirnya diluncurkan pada Oktober 2020, tidak ada Ready for Love di dalamnya. Setahun kemudian, tepatnya Agustus 2021, bocoran lagu Ready for Love bermunculan di media sosial, khususnya Twitter. Kala itu, Ready for Love tercatat sebagai lagu unofficial oleh BLACKPINK.


Saat "Ready for Love" oleh BLACKPINK Bocor di Internet

Ready for Love sempat menjadi sebuah "legenda urban" di kalangan penggemar BLACKPINK (Blink), karena dulunya penggemar hanya bisa berharap lagu tersebut dirilis. Hasil editan dari penggemar menarik banyak hati penggemar, menambah keinginan agar suatu hari Ready for Love dirilis secara resmi.

Anehnya, meski editan dari penggemar bertebaran di YouTube dan Spotify untuk waktu yang cukup lama, YG Entertainment tidak pernah melakukan copyright strike pada kanal-kanal yang mengunggah lagu milik mereka. Sampai suatu ketika SOMI, salah satu penyanyi di bawah label THEBLACKLABEL, tak sengaja membocorkan sepenggal lagu lain lewat Instargam Live. 

Kala itu, SOMI membuka pintu studio rekaman dan dalam beberapa detik, penonton Live mendengar suara terdengar seperti Jennie menyanyikan lirik, "no you can't take me down." Wajah SOMI terlihat pucat dan ketakutan seolah dia telah melakukan genosida. (lol)


Setelah para penggemar menyebarkan bocoran lagu dari Instagram Live SOMI ke Internet, YG Entertainment tiba-tiba bergerilya menjatuhkan copyright strike ke semua video yang menggunggah bocoran lagu baru itu dan Ready for Love. Dalam klaim copyright-nya YG Entertainment menyebutkan nama "BLACKPINK" membuat penggemar yakin bahwa suara yang mereka dengar di bocoran terbaru itu adalah Jennie. Saat itu, para penggemar juga takut kalau lagu baru tersebut akan bernasib sama dengan Ready for Love yang tak jelas kapan akan dirilis.


Rumor dan Spekulasi Seputar "Ready for Love"

Menyusul kebocoran di media sosial, penggemar melakukan "penyelidikan lebih dalam" untuk melihat apakah lagu itu akan dirilis dalam waktu dekat. Saat itulah penggemar mengetahui bahwa lagu tersebut sudah memiliki hak cipta di BMI.

BMI menyebut dirinya sebagai "jembatan" antara penulis lagu dan bisnis yang ingin memainkan musik mereka. Mereka adalah perusahaan manajemen hak musik yang secara publik menunjukkan hak cipta musik dan menawarkan lisensi musik. Ini untuk memastikan bahwa klien mereka — penulis lagu, komposer, penerbit, dan artis — dibayar.


"Ready for Love" telah resmi terdaftar, dengan daftar penulis dan komposer yang telah mengerjakan lagu tersebut. BMI tidak membedakan apakah nama-nama di bawah ini adalah penulis atau komposer, hanya menempatkan mereka dalam satu kategori.

Nama-nama yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar K-pop antara lain Danny Chung, Brian Lee, Seung Joo Lee, Hong Jung Park, dan R Tee. Namun, satu nama unik yang muncul dalam daftar adalah David Guetta, DJ Prancis terkenal yang menghasilkan lagu-lagu hit seperti "Where Them Girls At", "Without You", "Titanium", dan "Turn Me On".

Namun, ada dua nama yang menarik perhatian BLINK — Jennie, dan Jisoo!


Menurut halaman BMI, Jennie dan Jisoo membantu menulis lagu bersama. Jika dikonfirmasi oleh YG Entertainment, ini akan menjadi kedua kalinya kedua anggota membantu menulis lagu BLACKPINK, dengan yang pertama adalah "Lovesick Girls," yang dirilis pada Oktober 2020.


Dirilis Secara Resmi dalam Proyek Kolaborasi BLACKPINK x PUBG Mobile


Pada 12 Juli 2022, YG Entertainment mengungkapkan bahwa BLACKPINK akan mengadakan konser virtual dalam game di PUBG Mobile dari 22 hingga 30 Juli, termasuk penampilan dari lagu-lagu hit grup serta track khusus yang akan dirilis selama waktu acara untuk pertama kalinya.

Pada 24 Juli 2022, poster teaser diunggah ke akun media sosial resmi PUBG Mobile dan BLACKPINK, yang mengonfirmasi tanggal rilis lagu tersebut adalah 29 Juli.

Pada 27 Juli 2022, PUBG Mobile mengunggah foto teaser member BLACKPINK di akun media sosial mereka untuk setiap anggota dan satu sebagai grup, masing-masing menggunakan avatar AI (Artificial Intelligence). Latar belakang teaser masing-masing anggota sesuai dengan warna bunga di sampul lagu.


Lagu ini dirilis pada 29 Juli 2022 secara eksklusif sebagai video musik animasi di YouTube.



Referensi Luar:
  • https://genius.com/Blackpink-ready-for-love-lyrics
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Ready_for_Love_(Blackpink_song)
  • https://www.kpopstarz.com/articles/299881/20210704/blackpink-jennie-jisoo-wrote-unreleased-song-ready-for-love.htm
Katia Putri

Been publishing novels since 2014.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.