Siapa Mampu Saingi BLACKPINK? Cara YG Entertainment Bikin Agensi Lain Gigit Jari

Siapa Mampu Saingi BLACKPINK? Cara YG Entertainment Bikin Agensi Lain Gigit Jari

Siapa yang mengira, jika cara promosi YG Entertainment yang hanya mengizinkan BLACKPINK hadir di beberapa acara tertentu saja membuat BLACKPINK secara tidak langsung memiliki kesan mewah dan mahal karena kemunculan mereka yang susah ditemukan. 

Belum lagi, kabar kolaborasi artis barat yang banyak di tolak, membuat BLACKPINK memiliki citra berstandar tinggi untuk karya-karya mereka.

Artikel ini dikontribusi oleh Rend dari fanbase @blackpinkpage_id di Instagram. Ikuti @blackpinkpage_id di Instagram untuk informasi terupdate dan terpercaya seputar BLACKPINK. 

Bisa kita lihat selama 6 tahun lebih berkarir, BLACKPINK hanya merilis 3 mini album dan 2 full album saja. Dimana dengan kepopuleran mereka sejak debut, mereka bisa saja merilis banyak lagu untuk memanjakan para pendengar musik mereka. Tapi YG tetaplah YG, sejak BLACKPINK debut, BLACKPINK hanya melakukan promosi di beberapa acara musik saja.


Namun siapa sangka, dengan jarangnya BLACKPINK merilis lagu, bukannya menurun, peminat lagu-lagu mereka malah semakin meningkat, lagu-lagu mereka yang tak pernah gagal, selalu diputar dimana pun dan kapan pun, entah itu lagu debut seperti "Bombayah" sampai lagu comeback terakhir mereka, semua masih nyentrik sampai saat ini.

Inilah alasan banyak agensi yang "sensi" ––atau “iri hati”–– pada kesuksesan BLACKPINK, di saat mereka jor-joran promosi untuk memperkenalkan idol grup mereka, YG cukup memberikan setidaknya 4 lagu per tahunnya dari BLACKPINK untuk menghempaskan chart idola lain di skala internasional.

Sejak debut, lagu BLACKPINK langsung masuk chart Billboard.

Jangan lupa, betapa mahal dan mewahnya citra masing-masing member BLACKPINK. Sebagian besar mereka yang tahu BLACKPINK, pasti juga tau siapa itu Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa.

Pengaruh mereka di bidang fashion, musik, dan dunia akting membuat mereka cukup dikenal jika mendengar kata “K-POP”, ya, karena sepengaruh itu BLACKPINK saat ini, terutama di dunia mode.

Siapa Mampu Saingi BLACKPINK? Cara YG Entertainment Bikin Agensi Lain Gigit Jari
Masing-masing anggota BLACKPINK jadi Brand Ambassador rumah fashion ternama.

Juga tak sedikit orang yang mengenal salah satu dari mereka, namun tak tahu menahu jika mereka adalah anggota BLACKPINK––saking berpengaruhnya mereka sebagai individual ketika BLACKPINK hiatus selama hampir 2 tahun kemarin, membuat segelintir orang lupa jika mereka adalah anggota BLACKPINK.

Berbicara mengenai mode, sangat lucu mengingat ketika mereka dikata-katai karena lebih tampak seperti model daripada idol. Namun sekarang bisa dilihat, betapa terobsesi nya para agensi lain yang berusaha mencari-cari brand agar mau berkerja sama dengan idol mereka.


Ya satu lagi, disaat agensi lain susah-susah menawarkan idol mereka ke berbagai Luxury Brand ternama, YG Entertainment cukup duduk manis, memilah-milah setumpuk pengajuan kerjasama dari berbagai brand ternama.

Sekarang, BLACKPINK benar-benar hanya fokus akan diri mereka sendiri, memanjakan para penggemar dengan World Tour yang tengah mereka jalani, setelah sekian lama hanya bisa menyapa melalui layar saja. Mengabaikan acara-acara award tak penting yang hanya memanfaatkan mereka demi naiknya rating.

BLACKPINK berhasil, di tengah minimnya kemunculan mereka, mereka mampu mendobrak pasar musik internasional. Tanpa standar yang K-Pop agung-agungkan, BLACKPINK mampu sukses dengan standar mereka sendiri.

Dan itulah, mengapa menjadikan BLACKPINK standar itu terlalu "berani" bagi mereka, obsesi yang berlebihan, membuat beberapa agensi secara tak langsung meniru cara YG mempromosikan BLACKPINK, dan meniru cara para member BLACKPINK membangun image mereka, dengan kata lain menduplikat dan berusaha menjadi BLACKPINK yang kedua.


Ingat! Diamnya YG Entertainment dan BLACKPINK itu sebenarnya hanya sebuah peringatan, dengan dirilis lagu “SHUT DOWN", sudah cukup jelas membuktikan mereka semua tahu apa yang tengah terjadi.


***

Jangan lupa ikuti @blackpinkpage_id di Instagram untuk kabar terbaru dan terpercaya seputar BLACKPINK.

Moonhill.id

Tim editorial situs Moonhill.id & Artikel kontribusi dari komunitas dan perorangan pilihan editor. facebookinstagramyoutube

58 Komentar

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

  1. Aku ga sabar konser nanti kayak gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka selalu keren kannnn xixixi

      Hapus
  2. Bener sih, standar BLACKPINK terlalu tinggi, percuma kalo mau bikin BLACKPINK yang kedua,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blackpink said: kau boleh meniru gaya kami,, semua kegiatan kami,, tpi kau tidak bisa menjadi kami BLACKPINK

      Hapus
    2. Owh iya, setelah gw baca ini ternyata aespa ngikutu jejak blackpink wkwkw. Soalnya kemaren gw baca berita fansnya pada mengeluh karena mereka jarang muncul hahaa

      Hapus
  3. Dulu aja modal model, noh penghasilan BP cuma dari brand mereka aja lebih-lebih dari penghasilan mereka sebagai musisi wkwk, endorse tuh berpengaruh besar🔥🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Blackpink emang beda sih 🔥

      Hapus
    2. Ngerasa bersalah sih kalo gak ngestand Blackpink.. why? Krena ke 4 member semua punya karakter alami dari debut yang susah buat ditiru siapun!! Dan parahnya lagi mereka Sama rata dri segi visual,, body,, vacal,, rap,, dancer,, gak ada yang jomplang maksdnya gini agensi skrg mah yang penting bisa rap punya visual sprti mirip dengan senior² nya dance berpower langsung didebutin tanpa melihat potensi asli idolnya supaya debut menjadi diri sendiri..

      Hapus
  4. TOP MANTAP IS THE BEST

    BalasHapus
  5. Setuju banget,,YG tau kapasitas BP maka nya berani nge tret BP kyk gtu,BP cuma dipromosikan di tahap awal sj,seperti BP diari,wamil lisa,jennie di Reality show dan rosé penyanyi topeng,,dan bberapa award ,dan udah,,dah kenal BP kan? Ya udh mereka membuktikan dengan karya saja,,bahkan dengan hiatus mereka sj ,follower mereka terus bertambah,samapi memegang puncak,baik di IG maupun YT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangeeetttt

      Hapus
    2. Jangan lupa jisoo yg jadi MC inkigayo

      Hapus
    3. Emang gokil banget si YG nih.. kayak kata-kata Jennie, “aku mau mereka melihat potensi kita” dan beneran di kasih tunjuk potensi tiap anggota yg bikin org tertarik dan penasaran buat mengikuti

      Hapus
  6. Soal BP yg di cap lbh seperti model dr pada idol ,tp rekor BP blm dikalah kan sm mereka,,dan kalau yg sering nonton drakor juga di kasih lihat,,tujuan jadi Idol ya terkenal ,berpengaruh dan kaya,,kalau banyak brand ,iklan yg masuk berarti mereka berpengaruh ,disegani dan akibat nya ya KAYA say

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blackpink mah jadi model impact nya besar bagi perusahaan and always sold out ketika mereka mengenakannya lah gak nyadar idol mereka aja gencor tu sana sini jadi BA barang mewah tpi blom ada impact yang diakui.. gini deh klo kbanyakan jilat ludah sendiri kbanyakan bilang BP mah model bkn idol ketika idolnya jadi model gak bisa ngimpact kan jadi karena idol mereka belum memiliki kharisma diri sendiri dalam mengenakan brand tsb.. saran sih kalo emg ingin menjadi panutan orang lain harusnya bisa membuat gaya sendiri dan image sendiri..

      Hapus
  7. Kenal mereka karna om gua vip, dan om gua cerita kalo bakal ada gg dari yg asal thailand dari situ gua kepo dan akhirnya suka banget sama mereka perjuangan mereka dari awal debut sampe sekarang kek bangga banget liatnya, yuk bisa yuk berkarya bareng2 lebih lama lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, inget banget tuh dulu hype banget di kalangan YG stan idol kpop pertama yg non Korea

      Hapus
  8. Merindingg bacanyaa.. tapi it’s totallyy trueeee.. 🤍🤍🤍

    BalasHapus
  9. Kalau menurut gua BP bisa sesukses ini ya emang sudah takdirnya nggasih? Terlahir menjadi bintang dan dibawah naungan YG bener bener menjadikann mereka bintang yang sesungguhnya, karna gua liat dari agensi lain yang mencontoh cara blackpink dari segi anggota, musik sampai ke promosi, blm ada yg bisa mengalahkan ketenaran blackpink di mancanegara. Sukses terus BP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setuju! Memang udh takdir kalo denger cerita Lisa, Jisoo, Jennie, sama Roje, emang mereka pengen jadi bintang, dan YG cuma jalan aja, dan kebetulan jalannya YG tepat juga.. like people can’t get enough of them

      Hapus
  10. Heol sunggu berkelas group BP ini sampe group agensi lain pun ngebet jdi the next BP pdhal jauh bagaikan tanah dan langit
    YTTA

    BalasHapus
  11. Kalian tuh bisa niru BP tapi kalian ngga bisa jadi BP ke 2

    BalasHapus
  12. kalo inget orang2 yg ngatain bp Artis yt atau model tanpa prestasi as a gg di korea mau ngakak aja rasanya. but now, liaat cuyy. keadaan berbalik, n ngebuat haters itu sendiri bnr2 ngebuktiin statement yg blg "apapun makannya, minumnya tetap??.. ludah sendiriiii😔😛"

    BalasHapus
  13. Salah satu kesukses an mereka selain dari musik dan agensi adalah masing2 member nya punya karisma yg kuat sebagai grup ataupun individu dan itu yg buat BLACKPINK beda dari grup lain karna sampe saat ini belum ada grup yg masing2 member nya punya aura yg kuat kaya blackpini jadi kemungkinan selama blackpink masih di atas susah untuk agensi lain yg ingin idol nya sukses seperti blackpink

    BalasHapus
  14. Setuju banget sama artikel ini, fakta semua isinya. Blackpink ya tetep blackpink, gak ada ceritanya blackpink kedua ketiga dst. Silakan agensi lain mau meniru blackpink, tapi sorry to sorry, blackpink udah punya nyawa sendiri yang gak bisa dijiplak begitu saja. Mau gaya rambut, riasan, atau pakaian mereka dijiplak, tetap saja blackpink yang jadi trendsetternya! Belum lagi komposisi rapper, vokalis, visual, dan dancer yang top markotop. Sudahlah, jangan bermimpi bisa mengalahkan THE BIGGEST GIRL GROUP IN THE WOLD!
    Semakin banyak ujaran kebencian untuk blackpink adalah tanda betapa buanyak orang yang IRI dengan kesuksesan grup berisi empat berlian ini!

    BalasHapus
  15. heol~~ siapa yang bisa nyaingin bp? never,ga akan pernah,blackpink is standar,level blackpink udah di level yang jauh dari standar kebanyakan group kpop lainnya,bp berhasil buat rekor dan pencapaian nya sendiri yang mana disaat group lain belum bisa bahkan tidak bisa semudah itu mendapatkan nya dengan mudahnya blackpink mendapatkan itu semua,berkat kerja keras mereka dan orang-orang dibalik layar💕💕

    BalasHapus
  16. pantesan ada salah satu agensi yg pengen girl grupnya(gen4) kyk blackpink. dr debut plek ketiplek sama loh, skrg dia ngikutin bp jarang ke mushow. duh mau ngikutin pun blm tentu bisa walaupun yaa untuk kategori gennya mereka termaksud sukses sih. tp plis lah gausah copied bp trs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener,gue tau siapa yang lu maksud,mereka jarang promosi di music show padahal senior2nya rajin,terus gak ada konten di YouTube padahal senior2nya yang debut sebelum mereka kontennya bejibun,terus per membernya dibuat punya gaya yang beda2 kaya member BP

      Hapus
  17. Setuju banget sama artikel ini. BLACKPINK itu emang luar biasa bgt ngga ada tanding, yang mau nyama-nyamain atau mau nandingin Blackpink belum tantu bisa se Keren mereka. Bangga banget bisa jadi bagian dari BLINK yang bangganya luar biasa bgt buat BLACKPINK

    BalasHapus
  18. Promosinya dikit tpi terkesan mahal yaitu yg bikin mereka exclusive nan elegant gaada yg bisa niruin

    BalasHapus
  19. THE BEST BANGEEETTT

    BalasHapus
  20. maaf agak melenceng, boleh gk sih jenuh dengan war antar fandom? saya tidak ikut war, cuma baca, dan itu buat jenuh banget. Sekarang saya lebih mutusin untuk mengikuti karya BP tanpa liat apapun yang bikin emosi. makasih bgt buat admin yg buat artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me too, capek bgt liattnya. Apalagi klo udah ngehina".pusing

      Hapus
    2. Setuju banget! gerah bgt liatnya..tp lbh gerah lagi liat war sesama fandom a.k.a solo stan..mereka ga mikir klo bukan karena di BP belum tentu idolanya jadi seterkenal skrg.. walaupun ga suka semuanya at least bisa saling menghargai..

      Hapus
  21. Jadi BP bukan musisi

    BalasHapus
  22. Kalau bukan BP gk rame

    BalasHapus
  23. blackpinl udah go internasional, makanya banyak dari gen4 yang pengen jadi THE NEXT BLACKPINK😆 BLACKPINK TETAP LAH BLACKPINK gk ada yang bisa gantiin posisi nya wkwkwk canda sayang

    BalasHapus
  24. sebagai penikmat musik mereka, blackpink never fails buat merilis musik musik mereka dri tahun ke tahun dan terbukti rekor musik mereka ga main main bahkan dari solo mereka sendiri pun sukser besar mampu menyaingi kategori grup 👍

    BalasHapus
  25. Blackpink benar2 yang teratas, mereka kuat sebagai grup dan solo. Setiap anggota punya ciri khas secara merata. Bahkan jenlisa bisa bernyanyi dengan baik meskipun mereka rapper. YG memang tidak memiliki banyak Girlgroup, tapi lihatlah.. semua nya bersinar .. YG bisa mengalahkan agensi lain yang memiliki banyak grup hanya dengan mengeluarkan blackpink. Jadi tidak ada alasan untuk para haters membencinya.. haters harus hidup lebih baik, bumi sudah tua.

    BalasHapus
  26. serius woi. orang biasa yg ga suka kpop aja tau blackpink dan bbrp lagunya apalagi dududu.
    kek blackpink tu bisa di sukain sm siapa aja gitu paham ga sih
    kan ada ya grup yg cuma disukai sm mereka fans nya aja.
    cowo aku yg ga paham kpop samsek aja tau blackpink dan lagu2nya ekwkk
    di twitter jg byk org iseng yg bukan fans mo ikut nntn konser karna suka aja sm lagunya
    pokonya blackpink is another level lah gabisa dibantah

    BalasHapus
  27. LETS GOOOOO BLACKPINK IS THE REVOLUTION

    BalasHapus
  28. Sadar ga si, secara ga langsung ketika blackpink di jadiin grup exclusive, kita sebagai blinks jadi fandom yang fokus juga sama kehidupan real life sendiri. Jadi pribadi yang the real love yourself bangedd.✌️

    BalasHapus
  29. Min saran aja, klo bisa tulis beritanya ga ada yg nyenggol2 fandom lain biar ga ada war, cape liatnya..
    Mungkin bisa bikin artikel dulu supaya solo stan saling support ga ada war terus,ini lbh cape lg liatnya..

    BalasHapus
  30. Sisi lain yg bikin gw suka bgt sama blackpink ketika ngecover lagu orang lain pun berasa bawain lagu sendiri. Malahan gw ngerasa blackpink lebih keren dari pada penyanyi aslinya monmaaf

    BalasHapus
  31. Selain itu juga blackpink dan blink sama sama punya keterkaitan kuat antar fans, dimana blink selalu nge up apapun itu tentang blackpink walaupun blackpink engga comeback, selalu Mension blackpink dimanapun dan kapan pun blink berada

    BalasHapus
  32. Blackpink tuh emang beda banget sih menurutku. Mereka emang minim promosi, banget. Tapi karena musik, sp, dan aura mereka kuat banget, mereka tuh jadi gampang terkenal gitu. Selain itu, para membernya tuh kompak dan pinter ngasih fans service, makanya banyak banget yang gampang kecantol sama mereka. POKOKNYA SUKSES TERUS BP!! 🔥🔥🔥🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrrrr. Selain mreka kek gt, jenchulichaeng tu sbnarnya kang lawak njirrrr makanya bnyak yg seneng sm mreka. Keknya idol tu cuma topeng doang 😭

      Hapus
  33. Mulut Netizen selalu benar2 Desember 2022 pukul 21.44

    Heol, mereka sangat populer mereka juga pantas menyandang THE BIGGEST GIRL GRUP, daebak

    BalasHapus
  34. Bener2 slogan mereka blackpink is the revolution tuh sesuai kenyataan

    BalasHapus
  35. Blackpink bener bener kombinasi sempurna si, maka dri itu mereka punya banyak fans solo.. gaada yg salah soal itu tapi kalau bisa si sayangi 4 4 nya yaaa

    BalasHapus
  36. Semoga Blackpink perpanjang kontrak aja sih, ya walaupun cb jarang asal liat mereka tetap ber 4 hati ini udh tenang kok. Sayang Blackpink banyak²

    BalasHapus
  37. BP ITU SEMPURNA PAKET KOMPLIT GA ADA YG BISA NYAINGIN BP, CUMA BP DOANG YG BISA BIKIN GUA JADI KPOPERS YANG LAIN KO KAYA DI BUAT BUAT SI GA SE ASIK BP🤣

    BalasHapus
  38. Tidak akan ada bahkan tak akan pernah ada yg menggantikan BLACKPINK IN THE REVOLUTION

    BalasHapus
  39. BP dibilang lbh kayak model dibanding Idol, ngakak so hard lah, bukan salah BP mrk tampak rupawan dan menyilaukan tidak seperti GG sebelah yg rada "udik" walau di balut dgn pakaian Branded sekalipun,, BP selain rupawan, masing2 member memiliki karakter yg kuat, suara yg unik mudah dikenali, tidak sprti suara karakter kebanyakan idol GG korea cewek ,

    BalasHapus
  40. Aku menemukan jawabanku disini! Selama ini aku ngikutin setiap single yang dikeluarkan oleh BP, walopun ga tau detail perihal albumnya dan personelnya. Lalu saat BP konser 2019 aku blm nonton karna kesibukan, nah saat ini aku rasa waktunya aku nonton konsernya. Setelah aku telaah albumnya wah aku tau lagu2 mereka! Bahkan lagu-lagu BP sukses terngiang, punya ciri khas, yang bahkan aku pun yang gak tau awalnya setiap denger "wah ini mah BP" aaaa terimakasih Admin!

    Ku rasa artikel ini mampu menjawab keheranan temanku yang banyak bilang "loh kamu nonton konser BP nanti?" 😆😆😆 ya karna aku tau lagu-lagunya, dan ternyata bener semua member BP punya kharismatik masing-masing 💓💖 sayang mereka banyak banyak. Hi! I'm a proud Blink🫶🏻

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.