BLACKPINK: Siapa Mereka? – Anggota, Discography, dan Prestasi



Pertama kali diumumkan ke publik pada 8 Agustus 2016, BLACKPINK merupakan grup penyanyi perempuan besutan YG Entertainment. Girl band ini beranggota 4 orang; Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa.

Berita dan update terpercaya seputar BLACKPINK, Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa, hanya ada di MOONHILL Indonesia. 

Apa arti nama Blackpink?

Nama Blackpink merupakan gabungan dari warna BLACK (hitam) dan PINK (merah jambu). 

"Arti BLACKPINK bertujuan untuk bertentangan dengan persepsi umum tentang warna pink," bunyi pernyataan label mereka, YG Entertainment. "Pink biasanya digunakan untuk menggambarkan kecantikan, tetapi BLACKPINK sebenarnya berarti untuk mengatakan bahwa 'Cantik bukanlah segalanya.' Ini juga melambangkan bahwa mereka adalah tim yang tidak hanya mencakup kecantikan, tetapi juga bakat hebat."

Nama tersebut bermaksud untuk menyampaikan bahwa girl band ini lebih dari sekadar keindahan — ada juga ketangguhan.



Bagaimana Blackpink berbeda dari grup lain?

Antara debut mereka di tahun 2016 dan rilis The Album di tahun 2020, Blackpink merilis kurang dari 22 lagu, semuanya single. Meskipun diskografinya kecil, tampilan grup yang glam dan koreografi yang menyenangkan dengan cepat ditiru oleh grup dan penggemar K-pop lainnya di video media sosial mereka.

Bagian terbesar dari popularitas Blackpink terletak pada lagu-lagu mereka, yang berbicara tentang kemandirian dan vulnerability (kerentanan), lirik bilingual, dan kehadiran panggung yang tak terbantahkan. Blackpink juga dikenal dengan gaya video mereka, atau disebut sebagai 'konsep' untuk setiap lagu. Di mana beberapa video K-pop mungkin memiliki dua atau tiga konsep dalam video musik mereka, Blackpink sering kali memiliki lima atau enam konsep yang sama sekali berbeda (lengkap dengan warna rambut dan pakaian yang berbeda) yang ditampilkan dalam video mereka.

Baca Juga: BLACKPINK: Light Up The Sky – Buktikan Indahnya Keragaman

 

Siapa saja anggota Blackpink?

Jisoo Kim / Blackpink


Lahir di Seoul, Korea Selatan pada 3 Januari 1995, Ji-soo Kim atau akrab disapa Jisoo dan Jisoo "Turtle-Rabbit" Kim oleh penggemar (BLINK, sebutan resmi untuk penggemar Blackpink) ini adalah anggota yang usianya paling tua, dan dipanggil kakak (Eonni) oleh member Blackpink lain yang lebih muda. Hanya Jisoo satu-satunya member yang lahir dan besar di Korea Selatan. 

Sebelum mengikuti audisi YG Entertainment di 2011, Jisoo adalah murid dari School of Performing Arts Seoul (SOPA). Di kelas 11, dia memulai klub drama di sekolahnya dan memiliki pengalaman yang lebih besar melalui audisi.

Dia dikenal dengan kemantapan dan ketenangannya — dan untuk menyeimbangkan benda-benda di kepala atau bahunya. Jisoo dikenal juga sebagai satu-satunya member yang jarang menangis. Teddy, produser Blackpink, melalui film dokumenter "Light Up The Sky" mengungkapkan bahwa selama 6 tahun mengenal Jisoo, dia hanya pernah melihat Jisoo menangis sekali. Menurut Teddy, orang sering mengira Jisoo sebagai orang yang cerdas karena teori (booksmart), padahal sebenarnya, Jisoo cerdas karena praktik (street smart).

Jisoo berakting dalam iklan sebelum Blackpink, dan baru-baru ini membintangi drama berjudul Snowdrop sebagai tokoh utama. Meskipun Jisoo adalah satu-satunya anggota yang tidak fasih berbahasa Inggris, penyanyi ini berbicara dalam bahasa Korea, Jepang, dan Cina.

Baca Juga: Drama Snowdrop Lagi-lagi Diprotes, Ada Apa? Mari, Simak Penjelasannya!


Jennie Kim / Blackpink


Jennie Kim berada di masa pelatihan hanya selama enam tahun — yang paling lama dari para anggota. Jennie tinggal di Selandia Baru / New Zealand sebelum pindah kembali ke Korea Selatan pada 2010. Dia fasih berbahasa Inggris, Korea, dan Jepang. Dia adalah anggota pertama Blackpink yang merilis debut solo, berjudul "SOLO."

Jennie mendengar tentang K-pop saat tinggal di Selandia Baru, khususnya menemukan minat pada musik YG Entertainment. Ibunya berencana untuk memindahkannya ke Amerika Serikat di Florida pada usia 14 tahun untuk melanjutkan studinya yang mengarah ke pekerjaan sebagai pengacara atau guru, namun, ide itu tidak sesuai dengan keinginannya karena dia mungkin tidak menemukan pekerjaan yang disukainya. Tinggal sendirian; keluarganya mendukung keputusannya dan segera memindahkannya kembali ke Korea Selatan pada tahun 2010.

Awal mula Jennie pindah ke New Zealand saat masih kecil, diceritakan olehnya lewat film dokumenter "Light Up The Sky". Ketika dia berusia delapan tahun, dia melakukan perjalanan bersama keluarganya ke Australia dan Selandia Baru. Saat berada di Selandia Baru, ibunya bertanya apakah dia menyukai tempat itu dan apakah dia ingin tinggal, Jennie menjawab, "ya." Setahun kemudian, dia dikirim untuk belajar di Waikowhai Intermediate School di Auckland, Selandia Baru dan tinggal bersama keluarga homestay.

Teddy (produser Blackpink), melalui film dokumenter, juga menceritakan kesannya tentang Jennie, "dia sangat lantang dan tegas tentang apa yang ia mau." Meskipun Jennie telah dikenal karena citranya yang chic dan kuat di atas panggung, dia memiliki kepribadian yang menawan, imut, dan pesona pembalikan di luar panggung. Dia menggambarkan dirinya sebagai "pendiam" dan "pemalu", terutama di sekitar orang asing. 

"Kepribadian saya mungkin seperti apa yang orang pikirkan tentang kepribadian saya. Tapi daripada menjadi orang yang dicap orang lain, saya ingin menjadi individu yang baik yang berpikir untuk dirinya sendiri," katanya dalam sebuah wawancara dengan Harper's Bazaar ketika ditanya tentang dirinya.


Rosé Park / Blackpink


Chaeyoung "Roseanne" Park (Rosé) lahir di Selandia Baru / New Zealand dan dibesarkan di Australia — di mana dia mengikuti audisi untuk YG Entertainment. Rosé fasih berbahasa Inggris dan belajar bahasa Korea lagi setelah pindah ke Korea Selatan untuk mengikuti program pelatihan. Dia adalah penyanyi utama grup, dan penggemar mengklaim suaranya yang khas mudah dikenali.

Sejak kecil Rosé menemukan kegemaran dan kecintaannya pada musik dan menyanyi. Dalam film dokumenter "Light Up The Sky", ia menceritakan kalau saat kecil ia sering tertidur di atas piano saat menyanyikan lagu tidur untuk dirinya sendiri. Pada 2012, Rosé yang berusia 15 tahun menghadiri audisi di Sydney, Australia untuk label rekaman Korea Selatan, YG Entertainment, atas saran ayahnya. Rosé menduduki peringkat pertama di antara 700 peserta audisi. 

Dia adalah penggemar berat YG Entertainment, dengan alasan mereka memiliki grup yang semuanya keren. Dalam dua bulan, dia putus sekolah, menandatangani kontrak dengan label sebagai trainee dan pindah ke Seoul. Dia awalnya menganggap ide ayahnya adalah lelucon karena jarak dan kesulitan menjadi penyanyi di luar negeri, dengan menyatakan:

Di Australia, saya tidak berpikir bahwa ada banyak kesempatan bagi saya untuk menjadi seorang penyanyi, terutama untuk menjadi bintang K-pop... Saya tinggal begitu jauh dari negara yang tidak pernah terpikirkan oleh saya sebagai sebuah kemungkinan.

Kini Rosé menikmati impiannya menjadi seorang penyanyi bersama Blackpink. Pada Maret 2021, dia meluncurkan debut solo pertamanya berjudul -R- dengan lagu On The Ground dan Gone di mana ia pun ikut terlibat sebagai penulis lagu dan desainer album.

Baca Juga: Bedah Lirik dan Visual "On The Ground" Debut Solo Rosé BLACKPINK


Lisa Manoban / Blackpink


Anggota paling muda dari Blackpink bernama Lalisa Manoban (akrab disapa Lisa), lahir dengan nama Pranpriya Manoban di Buriram, Thailand, pada 27 Maret 1997. Lisa menjadi satu-satunya member yang bukan keturunan Korea. Ia orang Thailand asli yang pindah ke Korea Selatan dan belajar bahasa Korea setelah lolos audisi di 2010 dan menjadi trainee, mirip seperti Rosé.

Nama Pranpriya diganti menjadi Lalisa setelah ibunya mendatangi peramal. Lalisa yang berarti "seseorang yang dipuji" (the one being praised) disarankan oleh sang peramal agar Lisa mendapatkan kemakmuran. Mungkin saran sang peramal ada benarnya, Lisa adalah member Blackpink paling kaya dan paling tenar. Meski begitu, Lisa juga dikenal sebagai anggota Blackpink yang paling riang, rendah hati, dan loyal. Lewat sebuah wawancara, Jennie sempat mengungkapkan, jika pergi makan di luar bersama Lisa, pasti Lisa yang akan mentraktir mereka.

Lisa sudah aktif menari bahkan sebelum mengikuti audisi YG Entertainment di Thailand. Melihat Lisa yang suka menyanyi dan menari, ibunya memasukan Lisa ke sekolah menari sejak usia 4 tahun. Ia berkompetisi dalam kontes tari sepanjang masa kecilnya, termasuk dalam "To Be Number One", dan bergabung dengan sebelas anggota kru tari We Zaa Cool bersama BamBam dari Got7. Pada bulan September 2009, grup ini mengikuti kompetisi LG Entertainment Million Dream Sanan World yang disiarkan di Channel 9 dan memenangkan Penghargaan "Special Team".

Pada 2010, Lisa yang berusia 13 tahun mengikuti audisi untuk bergabung dengan label rekaman Korea Selatan, YG Entertainment, di Thailand. Sejak usia muda, Lisa memiliki minat pada K-Pop, ia mengagumi artis Big Bang dan 2NE1, dan berharap suatu hari nanti mengikuti jalan yang sama.

Pada September 2021, Lisa meluncurkan debut solo pertamanya dengan album LALISA dan lagu utama berjudul sama dan lagu lain berujudul MONEY. Album ini terjual lebih dari 736.000 eksemplar dalam satu minggu rilisnya di Korea Selatan, menjadikannya artis wanita pertama yang melakukannya. Video musik untuk single utamanya dengan judul yang sama mencatat 73,6 juta penayangan di YouTube dalam 24 jam pertama perilisannya, menjadi video musik yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama oleh artis solo.


Apa arti dari "BLACKPINK in Your Area"?

Yel-yel khas girl band ini, pertama kali diucapkan dalam lagu debut mereka "Boombayah," menyatakan rencana dominasi global grup tersebut. Dengan setiap lagu baru, Blackpink memberikan cuplikan konsep, warna rambut, dan pakaian baru. Publisitas mereka selama ini telah terbayar dengan kesuksesan serta rekor yang berhasil mereka raih sejak debut pertama di akhir 2016.


Sekarang Blackpink memiliki lebih dari 50 juta subscriber di YouTube dan video mereka telah ditonton (rata-rata) 230 juta kali. Setiap single yang mereka rilis tak pernah lepas dari posisi lima besar di tangga lagu selama berminggu-minggu. Full studio album pertama mereka berujud THE ALBUM telah terjual lebih dari 1 juta copy


Discography Blackpink

Album

  • Born Pink (2022)
  • The Album (2020)
  • Blackpink In Your Area (2018)

Single Album

  • How You Like That (2020)
  • Ddu-Du Ddu-Du (2018) / Versi Jepang
  • Square Two (2016)
  • Square One (2016)

Live Album

  • Blackpink 2021 'The Show' Livestream Concert
  • Blackpink 2019-2020 World Tour In Your Area - Tokyo Dome
  • Blackpink 2018 Tour 'In Your Area' Seoul
  • Blackpink Arena Tour 2018 "Special Final In Kyocera Dome Osaka"

Single / Lead Artist

  • Shut Down (2022)
  • Pink Venom (2022)
  • Lovesick Girls (2020)
  • Ice Cream (2020)
  • How You Like That (2020)
  • Kill This Love (2019)
  • Ddu-Du Ddu-Du (2018)
  • As If It's Your Last (2017)
  • Stay (2016)
  • Playing with Fire (2016)
  • Whistle (2016)
  • Boombayah (2016)



Filmography Blackpink

2022

  • B.P.M : Born Pink Memories (Serial / YouTube)
  • BLACKPINK 2022 Welcoming Collection

2021

2020

  • BLACKPINK: Light Up The Sky
  • 24/365 with Blackpink (Serial / YouTube)
  • BLACKPINK Summer Diary 2020 in Seoul
  • BLACKPINK 2020 Welcoming Collection 

2019

  • Blackpink Diaries (Serial / YouTube)
  • BLACKPINK Summer Diary 2019 in Hawaii
  • BLACKPINK 2019 Welcoming Collection

2018

  • Blackpink X Star Road (Serial / V Live)
  • YG Future Strategy Office (Serial / Netflix)
  • Blackpink House (Serial / V Live, YouTube)


Daftar Pustaka:

Mason, E. G. (n.d.). What you need to know about Blackpink: The band destined to take over the world. PEOPLE.com. Retrieved January 29, 2022, from https://people.com/music/blackpink-what-you-need-to-know-about-kpops-biggest-girl-group/ 

Topher Gauk-Roger October 09, 2020 04:25 P. M. (n.d.). K-pop superstars Blackpink open up about their bond as 'sisters' and reveal their perfect day off. PEOPLE.com. Retrieved January 29, 2022, from https://people.com/music/k-pop-superstars-blackpink-sister-bond-reveal-perfect-day-off/ 

Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.