Meta Verified, Memalukan atau Dibutuhkan?


Moonhill Indonesia (moonhill.id) - Meta Verified adalah program langganan “centang biru” berbayar yang dikeluarkan oleh Meta untuk penggunanya. 

Kalau sebelumnya pengguna Instagram dan Facebook ber centang biru hanya influencer makro, public figure dan tokoh-tokoh high profile, sekarang, siapa pun bisa membayar langganan bulanan dan mendapatkan centang biru di profil mereka.


Bedanya Meta Verified dan Twitter Blue

Media sosial lain, seperti Twitter (atau sekarang bernama X), sudah menerapkan centang biru berbayar di platform mereka, Twitter Blue. Masalahnya, Twitter Blue sempat membuat kerancuan, lantaran, banyak akun memanfaatkan centang biru tersebut untuk menipu pengguna Twitter dan menyebar berita palsu.

Tapi, berbeda dengan Twitter Blue, Meta Verified hanya bisa didapatkan jika pengguna melakukan verifikasi identitas (dengan KTP atau Passport). 

Tanpa melakukan verifikasi identitas, pengajuan Meta Verified akan ditolak. Sehingga, Meta verified di Instagram atau Facebook, masih bisa diandalkan daripada Twitter Blue.


Bedanya Fungsi Centang Biru Sekarang Ini

Jika sebelumnya, centang biru menandakan bahwa akun tersebut adalah milik orang terkenal atau bisnis dan organisasi resmi, sekarang, centang biru di Instagram atau Facebook telah berbeda fungsinya.

Centang biru atau logo verified di platform milik Meta, yaitu Facebook dan Instagram, kini berfungsi sebagai tanda bahwa pemilik akun tersebut adalah orang sungguhan. Antara nama dan foto yang dipajang adalah sesuai dengan tanda pengenal resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sisi positifnya, jika dulunya, seseorang bisa mencuri foto dan nama orang lain untuk membuat akun “bodong”, sekarang logo verified atau centang biru, bisa menjadi indikasi utama bahwa pemilik akun tersbeut adalah manusia asli dan bukan robot atau penipu.


Akun dengan Follower Palsu Bisa Ketahuan

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, kita juga bisa melihat apakah suatu akun di Instagram atau Facebook membeli pengikut (jumlah followers palsu) atau mendapatkan pengikut dengan cara yang “halal”. Kita bisa melihat dari berapa banyak akun bercentang biru yang mengikuti akun tersebut, misalnya.

Jika suatu akun ternyata membeli followers, maka pasti kita menjumpai sedikit akun bercentang biru di kolom pengikutnya.

Katia

It’s a pen name and an anagram. The author enjoys watching films, reading books, comics, and go for walks. In her daily life, she work as a storyteller. Been publishing novels since 2014. telegram twitter youtube share

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.