Platform Blogging Ramah Pemula dan Minim Maintenance di 2024


Moonhill Indonesia (moonhill.id) - Blogger atau Blogspot adalah platform blogging yang dihosting dan dimiliki oleh Google. Berbeda dengan Wordpress yang memerlukan pengguna membeli Domain dan Hosting sendiri, dengan Blogger, kita hanya perlu membeli Domain dan mendapatkan Hosting gratis dari Google.

Karena kemudahannya dan rendah biaya mengelola blog di Blogger, banyak pemula memanfaatkan Blogger sebagai platform blogging mereka.

Walau pun murah dan hostingnya gratis, platform Blogger memiliki fitur yang terbatas. Misalnya, kita seorang penulis blog ingin membuat newsletter (langganan email) untuk para pembaca, maka penulis blog memerlukan layanan third-party, misalnya ChimpMail atau Gumroad.

Selain itu, jika penulis blog ingin memonetisasi konten (mendapat penghasilan dari pembaca setia mereka), mereka juga perlu mendaftarkan blog mereka ke program baru dari Google bernama, Google Revenue Manager.

Tetapi, karena platform Blogger dihosting dan dikelola oleh Google, memasang AdSense di platform Blogger terbilang sangat mudah. Fitur tersebut telah tersedia di dashboard platform Blogger, kita hanya perlu mendaftarkan blog kita dan menyematkan kode AdSense di bagian “pengaturan” saja.

Platform Blogging Lainnya

Ada banyak platform blogging lain yang sudah mampu menyaingi kemudahan Blogger dengan fitur monetisasi dan e-mail newsletter yang dikelola langsung di dalam Platform. Apa saja? Mari kita lihat daftarnya:



Medium - Medium.com - Bahasa Inggris

Medium adalah platform asal Amerika yang menawarkan monetisasi, e-mail newsletter, dan sistem manajemen konten yang mudah dan seamless. 

Keunggulan lain dari Medium, kita lebih mudah menemukan pembaca, karena Medium adalah platform yang mempertemukan pembaca dan penulis. Mereka memiliki sistem bagi hasil dari langganan pembaca di platform tersebut, seperti YouTube Premium.

Kekurangan dari Medium adalah terbatasnya kustomisasi tema. Jadi hampir semua tampilan blog terlihat sama di Medium. Selain itu, karena Medium adalah platform yang dapat digunakan oleh siapa pun untuk membaca dan mengunggah konten, maka, persaingan di platform tersebut terbilang cukup ketat.


Substack - Substack.com - Bahasa Inggris

Oke, kita lanjut ke platform lain bernama Substack. Nah, platform Substack ini simpel banget. Semua ada di dalamnya. Kita sebagai pembaca juga bisa menemukan para kreator-kreator yang sesuai dengan minat kita. Mereka tidak hanya punya pustaka dari penulis, tapi juga ada podcast, comic, dan pengarang buku.

Substack bagaikan Blogger atau Blogspot tapi versi lebih baik dan kekinian. Tanpa perlu ilmu coding, kita bisa membuat konten di sana, mendapatkan penghasilan, juga terkoneksi dengan audiens kita lewat e-mail newsletter dan lain sebagainya.

Platform ini paling banyak digunakan oleh konten kreator yang udah besar di platform lain, misalnya YouTuber, Podcaster, dan Penulis buku. Mereka menggunakan Substack sebagai perpanjangan dari kanal utama mereka untuk menjaga hubungan dengan penggemar atau audiens mereka.

Kesimpulan dan Penutup

Jadi, kalau disimpulkan, Blogger tidak lagi bisa dibilang “ramah pemula” seperti dulu. Sekarang ada banyak platform lain yang menawarkan all-in-one blogging features yang super duper simpel.

Jika dengan Blogger kita perlu mengetahui sedikit-sedikit coding, maka dengan platform seperti Medium atau Substack, kita bisa menerbitkan tulisan/konten hanya dengan ketik-ketik dan klik-klik.

Bagaimana, apa kamu masih tertarik menggunakan Blogger? Atau 2 platform alternatif yang udah diceritakan di atas lebih menarik perhatianmu? Saya ingin tahu pendapat kalian, coba ceritakan di kolom komentar ya! :)
Katia Putri

Been publishing novels since 2014.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.