Memasang Reader Revenue Manager di Blogspot


Moonhill Indonesia (moonhill.id) - Sudah jadi impian para blogger untuk dapat penghasilan dari blog mereka. Mendukung impian tersebut, Google meluncurkan Reader Revenue Manager untuk membantu para penulis dan penerbit online meningkatkan penghasilan dan menjaga kesetiaan pembaca mereka.

Lalu, bagaimana jika penulis menggunakan platform Blogger atau Blogspot sebagai Hosting dan CMS (Content Management System) mereka? Bagaimana cara memasang Reader Revenue Manager di Blogger?


Miliki Custom Domain Lebih Dulu

Sebelum memasang Reader Revenue Manager di Blogger atau Blogspot, blog kita perlu memiliki custom domain lebih dulu. Pastikan custom domain yang kamu gunakan bukan .xyz atau .my.id tetapi gunakan domain .com atau .id yang lebih umum.

Daftarkan Blog di Google Publisher Center

Langkah selanjutnya, kita perlu mendaftarkan blog ke Google Publisher Center. Kita tidak perlu tergabung dalam Google News untuk menggunakan fitur Reader Revenue Manager.

Kemudian, saat mendaftar, pilih model penghasilan yang kita inginkan. Ada 2 model penghasilan yang dimiliki Reader Revenue Manager, yaitu:

1. Sistem Donasi (Kontribusi)
2. Paywall (Langganan untuk Baca)

Menempatkan Kode Reader Revenue Manager di Blog

Setelah kita memiliki custom domain, mendaftarkan blog ke Google Publisher Center, dan memilih model penghasilan yang diinginkan, saatnya kita menempatkan kode Reader Revenue Manager di blog kita.

Untuk mengakses HTML dari blog kita di Blogspot atau Blogger, langkahnya:

1. Masuk ke Dashboard
2. Pilih “Theme” atau “Tema” di menu sebelah kiri Dashboard
3. Kemudian di samping tombol “Customized” klik panah bawah
4. Lalu pilih “Edit HTML


Jika memilih model penghasilan “Paywall” kamu bisa copy kode Reader Revenue Manager di bawah <head> jika ingin keseluruhan blog tersebut berbayar. 

Nah, demikian tutorial singkat dari kami. Jika kamu punya pertanyaan, tambahan yang gak ada dalam tulisan ini, atau informasi penting lain yang berguna untuk para warga, bagikan lewat kolom komentar di bawah ini. :)
Katia Putri

Been publishing novels since 2014.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.