Pelajaran dari Filosofi Stoikisme oleh John Sellars



Moonhill Indonesia (moonhill.id) - Filosofi Stoa atau Stoik ––filosofi teras–– memang lagi sering jadi bahan pembicaraan di tanah air sejak buku Filosofi Teras oleh Henry Manampiring dirilis di Indonesia beberapa tahun lalu. 

Meski sempat sekilas membaca buku dari Henry dan sebelumnya saya juga pernah baca buku “How To Be A Stoic” oleh Massimo Pigliucci, saya masih nggak begitu paham dengan landasan teori dari filosofi ini. Selain itu, menghafal nama-nama tokoh Stoa juga nggak mudah karena banyak dan mereka punya pengertiannya masing-masing.

Nah, saya pun menemukan buku ini, Lessons in Stoicism oleh John Sellars.

John Sellars––penulisnya––berprofesi sebagai dosen filosofi. Meski begitu, John nggak pakai bahasa muluk-muluk dalam buku ini. Saya yang masih awam dan perlu banyak belajar bisa lebih memahami landasan ide-ide filosofi stoikisme dengan lebih baik.

Dalam bukunya, John menjabarkan 7 pelajaran yang bisa dipetik dari Stoikisme untuk kehidupan kita sehari-hari. Beberapa terselip usaha meluruskan miskonsepsi yang sering terjadi tentang filosofi ini. Tapi lebih banyak John menjelaskan bagaimana ide dalam filosofi stoik dimaknai oleh parah tokoh ––seperti, Seneca dan Marcus Aurelius–– serta cara mereka menerapkannya ke kehidupan sehari-hari. Di akhir tiap bab, John menjelaskan kembali argumen tokoh Stoik dalam bahasa yang lebih make sense untuk kita, manusia di era modern.

Penjelasan mengenai filosofi stoikisme dalam buku ini memang nggak sepanjang dan semenjabar buku-buku stoik lainnya. Namun, menurut saya, buku ini merupakan sebuah pengantar stoikisme yang sangat layak bagi siapa saja yang tertarik ingin menjalani hidup dengan filosofi stoa. Sebagai pondasi, buku ini bagus, dan ditulis oleh dosen filosofi pula, jadi...seems fitting.

Pondasi itu penting kalau nantinya kita mau menjabar dan menjelajah Stoikisme sembari menjalani. Seenggaknya, kamu bakal tahu, argumen tokoh mana yang lebih menarik perhatianmu, apakah Seneca, Marcus Aurelius, atau Epictetus? Selanjutnya, kamu bisa baca sendiri tulisan mereka lewat buku-bukunya yang sudah diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia.


Photo documentation of Tesalonika © 2022 
Goodreads - https://www.goodreads.com/en/book/show/43566091-lessons-in-stoicism

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama




Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.