7 Fakta BABYMONSTER Girl Group Baru dari YG Entertainment



Moonhill Indonesia (moonhill.id) - BABYMONSTER, juga dikenal sebagai BAEMON, adalah grup gadis Korea Selatan beranggotakan 7 orang di bawah YG Entertainment. Grup ini terdiri dari Ruka, Pharita, Asa, Ahyeon, Rami, Rora, dan Chiquita. 

Mereka melakukan debut yang dinantikan pada 27 November 2023 sebagai grup 6 anggota hanya dengan single digital berjudul “BATTER UP,” dengan mengesampingkan anggota Ahyeon yang sedang hiatus sementara karena alasan kesehatan. 

Pada 1 April 2024, mereka secara resmi debut sebagai grup 7 anggota dengan album mini pertama mereka, “BABYMONS7ER”. 

Yuk, simak 7 fakta beneran seputar BABYMONSTER berikut ini!

{tocify} $title={Table of Contents} 

BABYMONSTER hampir jadi nama grup BLACKPINK

Ketika seorang penggembar k-pop di X/Twitter menyebutkan, BLACKPINK telah meramal nama "BABYMONSTER" pada 2016, sebenarnya... itu adalah kesalahan besar. 

BLACKPINK tidak meramal nama BABYMONSTER, sebab nama itu pada awalnya hendak diberikan pada grup yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa.

Foto Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa di awal debut mereka (2016). Ngapain ya mereka, baca majalah di pinggir jalan panas-panas gitu?

Sebagaimana disampaikan oleh BLACKPINK dalam film dokumenter Netflix mereka, LIGHT UP THE SKY, agensi sekaligus label mereka––YG Entertainent––memang ingin membentuk grup idola perempuan yang memiliki banyak anggota.


BABYMONSTER menjadi konsep yang diinginkan YG Entertainment selama belasan tahun

Entah bagaimana, YG Entertainment ternyata masih pengen banget punya grup idola perempuan yang membawa bendera BABYMONSTER.

Jika dihitung sejak masa audisi anggota BLACKPINK pada masa 2000-an awal, maka konsep BABYMONSTER ini telah menjadi uneg-uneg YG Entertainment selama belasan tahun. 

Padahal YG Ent, sudah berhasil membentuk grup idola perempuan yang sukses yaitu 2NE1 dan BLACKPINK. Tapi nggak tau kenapa mereka sangat-sangat pengen punya grup dengan nama dan konsep BABYMONSTER lho! Getol banget rupanya....

Akhirnya di 2023-2024, YG Entertainment berhasil membentuk grup bernama BABYMONSTER yang beranggotakan 7 orang, yaitu Ruka, Pharita, Asa, Ahyeon, Rami, Rora, dan Chiquita. 

Foto debut BABYMONSTER dengan 7 anggota (2024).


Awalnya, YG Entertainment akan eliminasi 2 anggota dari grup BABYMONSTER

Dalam kanal YouTube resmi BABYMONSTER, YG Ent mengunggah video "audisi" anggota grup. Perjalanan akhir Ruka, Pharita, Asa, Ahyeon, Rami, Rora, dan Chiquita di-ekspos ke publik sebagai test ombak dan soft-debut

Cara tersebut rupanya berhasil membangun simpati dan keingintahuan para penikmat k-pop, khususnya penggemar grup-grup idola besutan YG Ent. 


Awalnya, series evaluasi akhir itu akan menentukan 5 anggota grup BABYMONSTER. Siapa yang akan menjadi anggota BABYMONSTER pun, menjadi buah bibir para penggemar k-pop di media sosial. 

Akhirnya, dalam video pengumuman, Yang Hyun Suk, selaku pimpinan YG Ent, memberikan plot-twist, karena simpati dari penonton dan kedekatan Ruka, Pharita, Asa, Ahyeon, Rami, Rora, dan Chiquita, anggota BABYMONSTER resmi menjadi 7 orang dan tak ada satu pun yang dieliminasi.


"BATTER UP" rilis hanya dibawakan oleh 6 anggota BABYMONSTER – November 2023

Ketika BABYMONSTER dikabarkan syuting video musik pertama mereka, beredar kabar bahwa Ahyeon, tidak terlihat di lokasi. Para penggemar dan simpatisan pun bertanya-tanya, "ada apa kiranya? kemana gerangan?"

Pertanyaan mereka pun terjawab saat akhirnya YG Ent mengabarkan bahwa Ahyeon tak akan mengikuti kegiatan grup untuk sementara waktu. Alasan saat itu karena Ahyeon mengalami masalah kesehatan. 

Sempat beredar pula kabar buruk bahwa Ahyeon memutuskan untuk hengkang dari YG Ent karena masalah internal atau dikeluarkan oleh YG Ent. Rumor tersebut terbentuk karena Ahyeon menjadi satu-satunya anggota BABYMONSTER yang tidak terlihat menghadiri konser terakhir BLACKPINK di Seoul (Sept, 2023).

Hal ini membuat penggemar dan simpatisan kecewa dengan YG Ent, sebab di saat bersamaan, YG Ent dilanda berbagai krisis; G-Dragon terseret kasus narkoba (terbukti tidak bersalah), dan perpanjangan kontrak BLACKPINK yang tidak pasti.

Foto dari promosi single BATTER UP yang hanya dibawakan oleh 6 anggota BABYMONSTER.


Lagu BATTER UP tuai kritik, "datar banget, bjir!"

Tanpa Ahyeon, BATTER UP dirilis sebagai single debut BABYMONSTER. Namun, banyak kritik yang menilai lagu ini sangat datar, dan pesona BABYMONSTER yang agak underwhelming dibandingkan dengan pesona dari kakak-kakak mereka, BLACKPINK dan 2NE1.


Banyak penggemar k-pop coba me-remix lagu BATTER UP dengan sentuhan beat ala BLACKPINK (produksi TEDDY) saking datarnya. Mungkin, telinga penggemar grup besutan YG Ent juga sudah terbiasa dengan musik upbeat yang dibawakan 2NE1 dan BLACKPINK sehingga BATTER UP pun terasa datar.


Ahyeon kembali menjadi anggota BABYMONSTER – Januari 2024

Di awal 2024, YG Ent akhirnya memberi kabar seputar status Ahyeon dalam grup BABYMONSTER. YG Ent meyakinkan bahwa Ahyeon akan kembali dan merilis mini album pertama mereka di tahun yang sama.

Kabar tersebut menjadi kabar gembira bagi para penggemar BABYMONSTER. Di sisi lain, setidaknya, kembalinya Ahyeon dalam grup memberi angin optimisme, setelah sebelumnya beredar kabar, G-Dragon meninggalkan YG Ent dan begitu pula anggota-anggota BLACKPINK.

Ahyeon dijuluki sebagai keturunan Jennie oleh para penggemar.


BABYMONSTER akan mengadakan fanmeet di Indonesia

Melalui kanal-kanal resmi mereka, BABYMONSTER resmi mengumumkan fanmeet bertajuk "SEE YOU THERE" di beberapa kota besar di Asia. Kota-kota tersebut antara lain; TOKYO, JAKARTA, SINGAPORE, TAIPEI dan BANGKOK. Pengumuman tersebut disusul oleh debut mini album mereka pada 1 April 2024 ini. 


Walau pun BABYMONSTER masih terbilang grup baru, tetapi sudah banyak penggemar k-pop yang memperhatikan dan berminat mengikuti perkembangan mereka. Dukungan dan antusias penggemar terasa seiring dengan lagu BATTER UP yang menggema dimana-mana.

Memang banyak penggemar yang masih belum bisa move on dari BLACKPINK, seperti dulu BLACKPINK pun terus dibanding-bandingkan dengan 2NE1. Namun sepertinya, YG Ent punya cita-cita yang berbeda untuk BABYMONSTER.

Seperti apa kelanjutan perjalanan BABYMONSTER di industri k-pop ini? Hmmm... yang jelas perjalanan mereka masih sangat panjang!
Tesalonika W.

I’m a multidisciplinary artist; I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.