Hati-hati! Modus Penipuan Pre-order Barang Hobi dan Koleksi Makin Marak


Di saat pandemi berdampak pada penjualan kebutuhan sekunder, barang berkategori hobi dan koleksi makin diminati. Tapi hati-hati, kini marak modus penipuan baru yang menyasar para penggiat barang hobi dan kolektor. Bagaimana cara menghindarinya? Baca artikel ini sampai tuntas ya!

1. Jangan mudah tergoda harga murah

Wah, ini yang biasa membuat orang mudah tergiur, harga murah. Biasanya, untuk menghindari kecurigaan, para penipu akan bilang kalau barang mereka adalah preloved atau bekas. Apalagi di masa pandemi ini, bukan tidak mungkin seseorang jual rugi koleksi mereka untuk mendapatkan uang, jadi kalau kalian melihat penjual memasang harga “rugi” lebih baik cek lagi siapa orang yang ada di balik profil penjual tersebut, apakah mereka punya track record yang buruk atau tidak.

2. Ikut komunitas kolektor

Salah satu cara mengecek track record penjual adalah dengan menanyakannya ke komunitas kolektor di Facebook atau tempat lain yang kamu percaya. Ini salah satu keuntungan kalau kamu aktif di komunitas. Selain mendapat rekomendasi yang jelas tentang toko mana saja yang terpercaya, kamu juga bisa melihat informasi yang dibagikan oleh para anggota komunitas lain mengenai modus penipuan yang menyasar sesama pecinta hobi yang sama.

3. Tetap waspada dan gunakan logika

Harganya murah, desain profilnya bagus, barangnya lengkap (sampai yang sudah sold out dimana-mana juga ada) dan akunnya masih fresh. Sebetulnya tidak ingin mengajak kamu su’udzon, tapi kita perlu waspada dan mengandalkan logika. 

Jika harganya hanya selisih Rp 10.000,- atau 30.000,- dengan toko lain, ada kemungkinan tokonya memang legit, tapi kalau sampai Rp 100.000,- ke atas, tentunya perlu dipertanyakan. Barang import tentunya dipengaruhi oleh kurs mata uang asing dan biaya pengiriman yang tidak murah. Belum lagi harus bayar pajak saat masuk Indonesia. Kalau profilnya bagus dan harga dibawah pasaran, kira-kira darimana keuntungannya dan berapa persen dari keuntungan itu yang dia pakai untuk membayar desainer? 


Kalau kamu suka mengoleksi Action Figure, atau merchandise K-Pop, ada baiknya kamu perlu sangat berhati-hati dengan modus baru ini. Bukannya untung, tapi karena terbawa perasaan, kamu jadi rugi besar. Jika kalian punya kiat lain, atau pernah menjumpai penipu jenis ini, tuliskan di kolom komentar untuk membantu teman yang lain ya.

Tesalonika

I write, draw, and design things. I study Japanese literature, humanities and creative robotics. Learn more: tesalonika.com instagram email

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Pengunjung situs blog ini diangap telah membaca dan setuju dengan disclaimer konten kami.

Mau terus update? Ikuti kami di Telegram, Whatsapp atau langganan surat kabar via email di bawah ini, GRATIS!!!



Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.