Apakah Kit Kihno Album bisa Expired?



Walau sudah lama beredar, rupanya masih ada banyak sekali pertanyaan dan misteri seputar album digital Kihno atau Kit. Misalnya, apakah Kihno/Kit bisa expired? Bagaimana cara kerjanya? Apakah kita perlu mengoneksikan Kihno/Kit setiap kali ingin melihat atau mendengar album atau video yang sudah kita beli?

{tocify} $title={Table of Contents}


Apa itu Kihno/Kit?

Kihno atau sering disebut dengan Kit adalah album digital yang dapat dinikmati dengan cara mengoneksikan sebuah Kit Album ke perangkat iOS atau Android yang sudah memiliki aplikasi Kit Player.

Aplikasi tersebut tersedia di Google Play (Android) dan App Store (iOS), sementara Kit nya bisa dibeli lewat situs resmi Kihno atau toko K-pop merch lokal kesayanganmu.

Kit ini terbagi dalam dua jenis, Air-Kit dan Earphone-jack type Kit. Sekarang, tipe Kit yang sering kita temukan (keluaran baru) adalah Air-Kit, modelnya seperti ini:



Bagaimana Cara Menggunakan Kihno/Kit?

Mekanisme Kihno sebetulnya cukup mudah, sedikit banyak mengingatkan saya pada sistem cartridge game Nintendo. Jadi setiap kali kita ingin mendengar lagu atau menonton video, kita perlu mengoneksikan Air-Kit ke perangkat kita (smartphone atau pun tablet).



Apakah Kihno/Kit Album dan Video bisa Expired?

MISINFORMASI: Kihno memiliki masa expired.

Ini nih, yang sering banget ditanyakan oleh banyak orang. Saya sadar, ada banyak banget informasi yang salah di luar sana soal Kihno/Kit. Yang bikin prihatin, justru website-website besarlah yang menulis misinformation soal Kihno/Kit, contohnya... the infamous IDN Times. LOL.


FAKTA: Kihno/Kit keluaran di atas 2015 sudah tidak expired.

Memang sebelumnya, Kihno/Kit berbentuk kartu NFC hanya dapat di-download sebanyak 3x dan memiliki masa penggunaan sepanjang 1 - 3 tahun. 

Tapi Kihno/Kit yang dirilis di atas 2015 sudah tidak expired dan bisa di-download berkali-kali, namun hanya dapat diputar dengan aplikasi Kit Player di perangkat kita. Jadi Kihno/Kit ini seperti perpaduan antara album fisik dan album digital. 




Apakah Penjualan Kihno/Kit Masuk dalam Hitungan Chart HATEO dan Gaon?

MISINFORMASI: Penjualan Kihno/Kit tidak masuk dalam hitungan chart.

Entah darimana kesalahan informasi ini terjadi, tapi di internet banyak pertanyaan soal masuk atau tidaknya penjualan Kihno/Kit ke Chart HATEO dan Gaon seperti album fisik (CD/DVD). Mungkin, saya rasa, karena versi Kihno/Kit yang sebelumnya (tipe kartu NFC) tidak masuk hitungan. 

FAKTA: Penjualan Kihno/Kit masuk dalam hitungan chart HATEO dan Gaon.

Di website resminya, KitAlbum.com, mereka bahkan mencantumkan logo HATEO dan Gaon di laman produk mau pun footer website.


Dalam tweet berikut, kita juga bisa melihat update dari KitAlbum, menyatakan bahwa penjualan Kihno/Kit akan muncul secara real time di chart HATEO dan Gaon.


Tetapi, karena Kihno/Kit ini adalah penggabungan dari album fisik dan digital, banyak penggemar musik K-pop yang bingung, apakah penjualan Kihno/Kit masuk kategori penjualan album fisik atau album digital? Atau malah bisa jadi keduanya, seperti yang dibahas oleh tweet di atas? Jika kamu tahu informasi lebih lengkap soal pertanyaan terakhir ini, boleh share via kolom komentar ya.

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Posting Komentar

Kamu bisa beri komentar sebagai Anonim, NAMA dan URL Medsos, atau akun Google. Tidak ada moderasi komentar di situs kami. Isi komentar pengguna di luar tanggunjawab Moonhill Indonesia.

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama




Jika blog ini bermanfaat, kamu bisa mendukung kreator menghasilkan lebih banyak konten bermanfaat dengan cara memberi donasi.